get app
inews
Aa Read Next : Sejumlah Harga Bahan Pangan di Pasar Tradisional Mentok Turun

Tolak Perjanjian Kebun Sawit, Puluhan Warga Air Nyatoh Bangka Barat Geruduk Kantor Desa

Rabu, 22 Mei 2024 | 21:20 WIB
header img
Warga mendatangi Kantor Desa Air Nyatoh, Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat, untuk menolak perjanjian perkebunan kelapa sawit. Foto: Istimewa.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Puluhan warga Desa Air Nyatoh, menggeruduk kantor desa setempat, pada Rabu (22/5/2024) untuk menolak perjanjian kebun sawit yang dibuat sejumlah kelompok tani dengan pengusaha, di Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). 


Warga mendatangi Kantor Desa Air Nyatoh, Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat, untuk menolak perjanjian perkebunan kelapa sawit. Foto: Istimewa.

Dalam surat pernyataan yang ditandatangani oleh Kepala Desa, Ketua Kelompok Tani dan Pengusaha pemberi modal menyebutkan, 30 Petani mendapatkan masing-masing 2 hektare, dan pihak swasta akan memberikan modal, kemudiian hasil panen diberikan ke pihak swasta selama 30 tahun kedepan.

Warga menolak beberapa poin yang berbunyi, 'Apabila kelompok tani sawit tidak bisa mengembalikan pinjaman kepada pihak swasta, maka kelompok tani wajib menyerahkan lahan kebun sawit tersebut kepada pihak swasta sebagai pembayaran atas pinjaman'. 

'Apabila kelompok tani sudah menyerahkan lahan kebun sawit kepada pihak swasta sebagaimana dimaksud, maka lahan dan kebun sawit tersebut sepenuhnya menjadi hak milik pihak swasta dan masing-masing pihak tidak ada lagi tuntutan dikemudian hari'. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut