get app
inews
Aa Read Next : Tak Menyangka dapat Hewan Kurban dari Perindo, Warga: Ini Surprise bagi Kami

Lafal Takbiran Idul Fitri Serta Keutamaanya

Rabu, 10 April 2024 | 01:23 WIB
header img
Lafal takbiran Idul Fitri lengkap bisa Anda temui di dalam artikel berikut ini. Takbiran sendiri mulai dilafalkan sejak terbenanmya matahari, pada malam hari raya sampai sholat Ied Fitri. Foto: Istimewa.

Waktu Membaca Takbiran 

Para ulama  membedakan antara takbir hari raya idhul fitri dan takbir hari raya Idhul Adha. Jumhur ulama (mayoritas ulama) mengatakan bahwa takbir pada hari raya Idul Fitri dikumandangkan sejak malam hari raya dan berakhir saat sholat Ied atau pada waktu imam naik mimbar untuk menyampaikan khutbah ied. 

Jadi setelah khutbah ied disampaikan maka takbir pada hari raya idhul fitri sudah tidak dianjurkan lagi untuk dikumandangkan. 

Keutamaan Takbiran 

1. Dihidupkan Hatinya 

Keutamaan takbiran di Hari Raya Idul Fitri sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi SAW yakni dihidupkan hatinya oleh Allah SWT.  

“Barangsiapa yang menghidupkan malam hari raya, Allah akan menghidupkan hatinya di saat hati-hati orang sedang mengalami kematian." (HR. Ibnu Majah). 

2. Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW  

Keutamaan membaca takbiran juga salah satu bentuk mengikuti sunnah Rasulullah SAW yang menghiasi malam Idul Fitri dengan membaca takbir, tahmid, dan tasbih. 

Dalam suatu riwayat disebutkan:

كَانَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ يَوْمَ الفِطْرِ فَيُكَبِّر حَتَّى يَأْتِيَ المُصَلَّى وَحَتَّى يَقْضِيَ الصَّلاَةَ فَإِذَا قَضَى الصَّلاَةَ ؛ قَطَعَ التَّكْبِيْر 

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar hendak salat pada hari raya Idulfitri, lantas beliau bertakbir sampai di lapangan dan sampai salat hendak dilaksanakan. Ketika salat hendak dilaksanakan, beliau berhenti dari bertakbir.” 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut