get app
inews
Aa Read Next : Aleix Espargaro Juara MotoGP Catalunya, Pecco Dibawa Ambulans usai Kakinya Terlindas

21 Drone Dilumpuhkan Selama Tes Pramusim MotoGP Mandalika

Senin, 14 Februari 2022 | 11:07 WIB
header img
Pembalap Mooney VR46 Ducati, Luca Marini, keluar sebagai yang tercepat pada hari kedua tes pramusim MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/2/2022). (Foto: Instagram/@vr46racingteam)

LOMBOK, lintasbabel.id - Tes Pramusim MotoGP 2022 di sirkuit Mandalika, Indonesia telah usai dilakukan. Segi keamanan menjadi perhatian khusus penyelenggara balapan, termasuk Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berhasil melumpuhkan 21 pesawat nirawak atau drone liar di langit Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 10-12 Februari 2022.

"Tindakan ini untuk memberikan rasa aman bagi para pebalap dan penyelenggara MotoGP Mandalika," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto dalam konferensi pers di Media Center Indonesia (MCI) MotoGP Mandalika 2022, Minggu (13/22022). 

Seluruh drone ini diturunkan paksa dengan alat pengacak sinyal khusus drone (anti-drone jammers) dengan kemampuan deteksi hingga 2 kilometer milik Korps Brimob Polri yang diperbantukan ke Polda NTB sehingga sebanyak 5 drone berhasil dilumpuhkan pada Kamis (10/2), 7 drone sehari setelahnya (11/2), dan terakhir pada Sabtu (12/2) berhasil diturunkan secara paksa sebanyak 9 drone.

"Tim khusus ini ditempatkan di beberapa bukit di sekitar Sirkuit Mandalika," ujarnya.

Keberadaan drone ini, menurut Artanto, mengganggu helikopter yang akan terbang. Kebijakan ini tak lepas dari kesepakatan antara Polda NTB dengan penyelenggara dan pihak terkait lainnya.

"Drone liar yang terbang tanpa izin dari penyelenggara MotoGP tidak diperbolehkan untuk terbang karena akan mengganggu jalannya kegiatan di atas lintasan. Kami sudah mengimbau warga untuk tidak menerbangkan drone tanpa izin," kata Artanto. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut