get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

BSB Muntok Bakal Salurkan Dana KUR Rp 60 Miliar ke Pelaku Usaha

Sabtu, 12 Februari 2022 | 12:15 WIB
header img
Kantor Bank Sumsel Babel Cabang Muntok. (Foto: Istimewa)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Bank Sumsel Babel Cabang Muntok bakal menyiapkan dana sebesar Rp60 miliar, yang dialokasikan untuk pendanaan kredit usaha rakyat (KUR) di tahun 2022. Target KUR tersebut, disalurkan ke para pelaku usaha di Kecamatan Parittiga, Jebus, dan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat.

Menurut Wakil Pimpinan Bank Sumsel cabang Muntok, Doli Sibarani, ketersediaan dana KUR tahun ini lebih besar dibandingkan dengan tahun 2021. 

"Kalau untuk tahun 2021 kemarin penyalurannya sebesar Rp25,5 milyar dan target tahun 2022 ini sebesar Rp60 miliar. Jadi ibarat peningkatan hampir 300 persen," kata Doli Sibarani, Sabtu (12/2/2022). 

Doli menambahkan, dana KUR bakal disalurkan untuk masyarakat yang memiliki usaha skala super mikro, skala miko dan skala kecil. 

"Kalau KUR itu ada tiga skema, jadi super mikro, mikro dan kecil. Kalau super mikro itu segmennya untuk pelaku usaha yang baru mulai skala kecil baru mulai dan untuk pelakunya maksimal 10 juta. Sedangkan kalau untuk mikro itu sudah berjalan 6 bulan dan untuk pelakunya bisa sampai 100 juta dan kalau KUR kecil sudah sampai 500 juta, " tuturnya. 

Doli berharap kedepannya ada peningkatan soal pendataan dari pemerintah daerah, terhadap data kelompok usaha yang ada di wilayah Kabupaten Bangka Barat. 

"Harapannya mungkin bisa lebih maksimal lagi di tahun ini. Butuh support dari pemerintah daerah terutama mengenai data, biar bisa menjangkau kelompok usaha yang ada di Bangka Barat," ujarnya. 

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut