get app
inews
Aa Read Next : Posisi Strategis Pemuda dalam Pesta Demokrasi 2024 Sebagai Emansipasi Menghadapi Bonus Demografi

Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang Minta PTPS Percaya Diri Hadapi Pemilu 2024

Sabtu, 03 Februari 2024 | 16:31 WIB
header img
Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang, Imam Ghozali. Foto: Dokumen Pribadi.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pangkalpinang, Imam Ghozali meminta para petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk tampil prima dan percaya diri di hari pemungutan suara 14 Februari 2024 mendatang. Hal ini kata dia, mengingat PTPS hanya seorang diri di TPS, sementara petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ada 7 orang.


Rapat kerja Teknis (Rakernis) PTPS pada Pemilu Serentak tahun 2024 di Hotel Bangka City, Sabtu (3/2/2024) siang. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Muri Setiawan.
 

"Saya kembali menyampaikan arahan dari Cak Totok (Totok Hariyono, Anggota Bawaslu RI), dimana beliau meyampaikan bahwa petugas PTPS yang nantinya bertugas diharapkan percaya diri saat berada di TPS. Karena di TPS tersebut yang menjadi PTPS cuma satu orang, sedangkan KPPS ada 7. Jangan nantinya saat hari H tidak percaya diri dalam pengawasan. Jika kita tidak mengawasi secara detil maka kemungkinan PSU (pemungutan suara ulang) akan terjadi, dan jika sudah PSU proses demi proses, tahapan demi tahapan pemilu akan mengalami berbagai kendala," kata Imam dalam sambutannya pada acara Rapat kerja Teknis (Rakernis) PTPS pada Pemilu Serentak tahun 2024 di Hotel Bangka City, Sabtu (3/2/2024) siang.

Kata Imam, peran penting PTPS saat pemungutan suara sangat menentukan penyelenggaraan pemilu 14 Februari mendatang berjalan lancar. Karena itu, PTPS harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, baik itu persiapan mental, maupun kemampuan kompetensi diri terkait kepemiluan.

"Jika nantinya terjadi kecurangan atau ujung-ujungnya nanti PSU, bagaimana pertanggungjawaban Bawaslu? Ini tentu akan menjadi pertanyaan publik ke kita. Kita berkomitmen mulai dari Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwascam, PKD (Pengawas Kelurahan/Desa) sampai PTPS agar Pemilu kali ini sukses," ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut