get app
inews
Aa Read Next : Daya Beli Masyarakat Anjlok, Inflasi Babel Relatif Terkendali, Safrizal: Pertahankan!

Pelabuhan Mantung-Bakit Segera Dibangun, Pj Gubernur Safrizal: Ini Langkah Positif Jaga Inflasi

Sabtu, 27 Januari 2024 | 15:05 WIB
header img
Pj Gubernur Babel, Safrizal ZA meninjau persiapan pembangunan Pelabuhan Mantung, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka. Foto: Diskominfo/ Lulus.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id  – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA, bersama jajaran Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Babel melaksanakan kunjungan kerja ke Belinyu, Kabupaten Bangka, Jumat (26/1/2024).

Kunjungan tersebut untuk meninjau persiapan pembangunan dua pelabuhan yang direncanakan mulai dibangun tahun ini, yaitu Pelabuhan Mantung, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, dan Pelabuhan Bakit, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat (Babar).

"Berdasarkan rencana, harapannya bulan April pembangunan sudah dilaksanakan pemancangan, atau peletakan batu pertama. Anggarannya sudah ada dari Kementerian Perhubungan, dan persiapan lelang. Kita berharap tidak terlalu lama pelelangannya sesuai dengan ketentuan. Pembangunannya bisa sekitar 6 sampai 7 bulan," kata Pj Gubernur Safrizal di sela-sela kunjungannya.

Pembangunan pelabuhan Mantung dan Bakit, diungkapkan alumnus terbaik IPDN angkatan pertama ini, akan memberikan efek positif terhadap pembangunan di kedua desa, khususnya roda perekonomian. Konektivitas kedua wilayah lebih efektif karena melalui transportasi laut, atau kapal Ro-Ro dapat memangkas waktu tempuh.

"(Dampak positifnya) sangat signifikan untuk dunia ekonomi, dunia usaha. Ongkos transportasi ini bisa hemat, berdampak pada harga barang. Kalau biaya transportasi berkurang, harga barang berkurang, inflasi terjaga. Tahun ini (Diharapkan) selesai, apakah akhir tahun, atau awal tahun depan. Walaupun belum sempurna sudah bisa digunakan," ujar orang nomor satu di Bumi Serumpun Sebalai tersebut.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut