get app
inews
Aa Read Next : Posisi Strategis Pemuda dalam Pesta Demokrasi 2024 Sebagai Emansipasi Menghadapi Bonus Demografi

Sarkas! Walhi Ungkap 4 Catatan Sukses Hilirisasi Nikel yang Dibanggakan Gibran

Sabtu, 27 Januari 2024 | 14:39 WIB
header img
Walhi Sulsel menyebutkan bahwa klaim Gibran dalam debat Cawapres putaran ke-4 bahwa hilirisasi nikel bisa menjaga lingkungan hidup adalah omong kosong. Foto: Istimewa/ Walhi.

3. Sukses Mencemari Perairan Sungai dan Pesisir Laut

"Hasil monitoring Wahli Sulsel di tahun 2022 dan 2023, smelter PT Vale Indonesia di Luwu Timur dan PT Huadi Nickel Alloy Indonesia di Bantaeng, ditemukan pencemaran logam berat kromium helsavalen yang jauh melampaui ambang batas baku mutu limbah air pada sungai. Logam ini merupakan racun berbahaya bagi mahluk hidup. Untuk manusia yang terpapar beresiko tinggi mengalami segala jenis kanker."

4. Sukses Menambah Penyakit

"Proyek hilirisasi dikawasan industri Bantaeng terdapat dua jenis gangguan kesehatan sebagai bentuk gejala ISPA (batuk dan sesak nafas) sebagai posisi tertinggi dibandingkan dengan masalah kesehatan lainnya. Terdiri dari sesak nafas dengan jumlah 176, serta batuk dengan angka 202. Temuan juga menunjukka  bahwa tidak sedikit responden mengalami keduanya disaat bersamaan. Selain itu untuk trend penyakit gatal dan iritasi kulit paling banyak dialami masyarakat pesisir dengan alasan bahwa kondisi air yang kian tercemar dan aktifitas pabrik dikawasan industri Bantaeng."

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut