Penerapan QRIS sejalan dengan visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025 yang bertujuan untuk mendorong transaksi yang lebih efisien dan terjangkau, inklusi keuangan yang lebih cepat, dan kemajuan UMKM.
QRIS secara luas didukung oleh kompatibilitasnya dengan berbagai layanan keuangan, baik dari bank maupun lembaga keuangan non-bank, serta kemampuannya dalam menyatukan berbagai kode QR dari Penyedia Layanan Pembayaran (PSP). Secara keseluruhan, pengembangan QRIS di Indonesia telah meningkatkan lanskap pembayaran non-tunai secara signifikan, menyediakan metode pembayaran yang praktis, efisien, dan aman yang memberikan manfaat bagi dunia usaha dan konsumen.
Cara mengunakan QRIS sebagai media pembayaran transaksi digital sangatlah mudah dan praktis sekali, kita dapat membayar tanpa perlu membawa uang cash yaitu dengan cara memindai kode QR yang telah disediakan oleh pihak merchant/toko melalui aplikasi pembayaran digital yang kita gunakan seperti e-wallet dan mobile banking, lalu masukan nominal pembayaran, masukan pin serta klik bayar dan kemudian transaksi pembayaran pun berhasil.
Editor : Muri Setiawan