QUICK Response Code Indonesian Standar (QRIS) ialah sebuah solusi pembayaran praktis dan aman yang telah mendapatkan popularitas di Indonesia, yang menawarkan beberapa keuntungan bagi konsumen dan produsen yang mengunakan media pembayaran digital berupa Kode QR. Menurut situs resmi Bank Indonesia, QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard.
QRIS merupakan standar kode QR yang berlaku secara nasional untuk sistem pembayaran di Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. BI kemudian mengesahkan Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) No. 21/18/PADG/2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran pada 16 Agustus 2019.
Inovasi teknologi berkembang cukup pesat pada berbagai aspek ekonomi digital, termasuk sektor pembayaran. Perkembangan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Indonesia sangatlah signifikan, menawarkan metode pembayaran nontunai yang praktis dan aman bagi konsumen dan produsen.
Sejak diluncurkan pada bulan Agustus 2019, QRIS telah diterima secara luas, dengan lebih dari 20 juta pedagang yang mengadopsinya pada bulan Agustus 2022, termasuk banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Penerapan QRIS sejalan dengan visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025 yang bertujuan untuk mendorong transaksi yang lebih efisien dan terjangkau, inklusi keuangan yang lebih cepat, dan kemajuan UMKM.
QRIS secara luas didukung oleh kompatibilitasnya dengan berbagai layanan keuangan, baik dari bank maupun lembaga keuangan non-bank, serta kemampuannya dalam menyatukan berbagai kode QR dari Penyedia Layanan Pembayaran (PSP). Secara keseluruhan, pengembangan QRIS di Indonesia telah meningkatkan lanskap pembayaran non-tunai secara signifikan, menyediakan metode pembayaran yang praktis, efisien, dan aman yang memberikan manfaat bagi dunia usaha dan konsumen.
Cara mengunakan QRIS sebagai media pembayaran transaksi digital sangatlah mudah dan praktis sekali, kita dapat membayar tanpa perlu membawa uang cash yaitu dengan cara memindai kode QR yang telah disediakan oleh pihak merchant/toko melalui aplikasi pembayaran digital yang kita gunakan seperti e-wallet dan mobile banking, lalu masukan nominal pembayaran, masukan pin serta klik bayar dan kemudian transaksi pembayaran pun berhasil.
Jadi, bisa disimpulkan penggunaan QRIS sebagai media pembayaran digital sangat efisien dan terbukti dari berbagai aspek. QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan standar kode QR Nasional yang memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia. QRIS dirancang untuk meningkatkan pengalaman pembayaran, mendorong efisiensi, dan pertumbuhan di seluruh aspek bisnis. Dengan menggunakan metode scan pada QR Code, proses pembayaran dapat menjadi lebih cepat dan mudah dilakukan, tanpa biaya admin.
Selain itu, layanan pembayaran digital QRIS meningkatkan efisiensi dalam hal kecepatan, kenyamanan, dan aksesibilitas multi saluran bagi pengguna. Oleh karena itu, penggunaan QRIS dapat memberikan efisiensi dalam transaksi pembayaran digital dan mendukung pertumbuhan bisnis. **)
(Muhamad Afrizal, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bangka Belitung)
Muhamad Afrizal. Foto: Dokumen Pribadi.
Editor : Muri Setiawan