get app
inews
Aa Read Next : Langkah Taktis Pemerintah dan Peran Anak Muda Menjaga Kedaulatan dalam Konflik Laut China Selatan

Inovasi Keuangan: Menjelajahi Perkembangan QRIS sebagai Metode Pembayaran

Senin, 11 Desember 2023 | 21:36 WIB
header img
Perkembangan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Indonesia sangatlah signifikan. Foto: net.

QUICK Response Code Indonesian Standar (QRIS) ialah sebuah solusi pembayaran praktis dan aman yang telah mendapatkan popularitas di Indonesia, yang menawarkan beberapa keuntungan bagi konsumen dan produsen yang mengunakan media pembayaran digital berupa Kode QR. Menurut situs resmi Bank Indonesia, QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard.

QRIS merupakan standar kode QR yang berlaku secara nasional untuk sistem pembayaran di Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. BI kemudian mengesahkan Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) No. 21/18/PADG/2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran pada 16 Agustus 2019.

Inovasi teknologi berkembang cukup pesat pada berbagai aspek ekonomi digital, termasuk sektor pembayaran. Perkembangan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Indonesia sangatlah signifikan, menawarkan metode pembayaran nontunai yang praktis dan aman bagi konsumen dan produsen.

Sejak diluncurkan pada bulan Agustus 2019, QRIS telah diterima secara luas, dengan lebih dari 20 juta pedagang yang mengadopsinya pada bulan Agustus 2022, termasuk banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut