get app
inews
Aa Read Next : Harga Bawang Mahal, Tapi Cabai Turun

3 Kabupaten di Bangka Belitung Panen Cabai, BI: Perkiraan Mencapai 24 Ton

Jum'at, 01 Desember 2023 | 18:33 WIB
header img
KPw BI Babel mencatat beberapa kabupaten di Babel akan melakukan panen cabai yang telah berlangsung dari Oktober 2023 dan diperkirakan hingga Januari 2024. Foto: Istimewa.

Tendensi kenaikan harga aneka cabai terjadi sejak Agustus 2023, yang disebabkan berkurangnya hasil panen di daerah sentra akibat musim kemarau yang berkepanjangan, sejalan dengan fenomena El-Nino. Kenaikan harga cabai juga terjadi secara nasional. Per 30 November 2023, rata-rata harga cabai di Bangka Belitung tercatat sebesar Rp93.750/kg, sedangkan di nasional tercatat sebesar Rp70.600/kg.

“KPw BI Bangka Belitung akan terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah mendorong produksi pangan local untuk menurunkan ketergantungan terhadap pasokan dari luar daerah. Aneka pangan yang terus didorong dari sumber lokal antara lain komoditas cabai merah, cabai rawit, bawang merah, kangkung sayur mayur, padi, dan ikan budidaya,” ujarnya.

Sejalan dengan hal tersebut, untuk memperkuat sinergi dan inovasi program pengendalian inflasi, khususnya komoditas cabai, Bank Indonesia juga bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan dalam program implementasi best practice pengembangan klaster ketahanan pangan, gerakan budidaya pangan mandiri, pemanfaatan pupuk organik dan penguatan kapasitas petani melalui capacity building.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut