get app
inews
Aa Read Next : Inmendagri Terbaru, Bangka Selatan Satu-Satunya Kabupaten di Babel yang Masuk Kategori PPKM Level 1

Belitung Timur Persiapan Pilkades Sejak Dini

Jum'at, 16 Juli 2021 | 09:42 WIB
header img
Dokumentasi Pilkades. (Foto : IST)

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id - Kabupaten Belitung Timur akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak pada April 2022 mendatang. Namun Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) sudah melakukan berbagai persiapan sejak dini.

Persiapan itu, di mulai dari revisi regulasi atau pembuatan Peraturan Bupati terbaru, penganggaran kegiatan baik tingkat desa dan kabupaten, hingga rapat untuk membahas teknis dengan instansi terkait.

Kepala Bidang Penataan, Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa Yusmawati, melalui Kepala Seksi Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa Aditya Mirhayandi Kusuma di ruang kerjanya, Kamis (15/7/21), mengatakan persiapan sejak dini dilakukan agar pelaksanaan Pilkades Serentak nantinya lebih berkualitas serta dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“9 Juni yang lalu kami sudah ngundang camat, instansi terkait untuk membahas persiapan dan penganggaran. 6 Juli kemarin jam ngundang Bawaslu, KPU Beltim, camat serta Bagian Hukum Setda lainnya untuk bahas revisi Perbup. Hari ini pun seharusnya kami rapat kembali di tingkat Forkopimda, cuman karena masih masa PPKM di tunda,” kata Adit.  

Untuk persiapan anggaran Pilkades, Aditya mengatakan jika nantinya pelaksanaan penganggaran akan bersumber dari dua anggaran yakni APBD Kabupaten Beltim, yakni, bantuan keuangan kepada panitia Pilkades dan DPA DSPMD sebagai leading sektor.

“Kami sudah mengundang seluruh Ketua BPD, dari 18 desa yang akan melaksanakan Pilkades untuk menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB). Nanti 22 Juli kami undang kembali untuk finalisasi RAB yang akan disalurkan Pemkab Beltim, mekanisme bantuan keuangan kepada Panitia Pemilihan Tingkat Desa,” ujarnya.

Sebanyak 18 Desa di Kabupaten Beltim akan menggelar Pilkades Serentak di tahun 2022 mendatang. 17 desa diantaranya sudah habis masa jabatannya, satu desa yakni Desa Cendil, Kecamatan Kelapa Kampit, kembali mengikuti Pilkades Serentak lantaran saat Pilkades 2020 lalu, hanya memiliki satu calon konstenstan.

 

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut