get app
inews
Aa Read Next : Perceraian Mati, Adat Belitung Timur yang Masih Dipertahankan Masyarakat

Masuk Musim Penghujan, BPBD Beltim Imbau Masyarakat Waspada Potensi Rawan Bencana Alam

Rabu, 22 November 2023 | 20:49 WIB
header img
Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Beltim, Helmy. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Suharli.

BELITUNG TIMUR, Lintasbabel.iNews.id - Wilayah Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), saat ini tengah memasuki musim penghujan. BPBD Beltim mengimbau agar masyarakat tetap waspada, mengingat adanya potensi rawan banjir genangan, angin puting beliung dan banjir rob saat air laut pasang.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Beltim, Helmy mengatakan, terkait perubahan cuaca di Beltim, terpantau beberapa kecamatan sudah diguyur hujan.

"Akan tetapi ini masih permukaan karena intensitasnya belum merata, di setiap kecamatan. Untuk potensi adanya bencana alam pasti ada, karena kaitannya hidrometeorologi, tentu ada potensi banjir genangan, angin puting beliung dan gelombang pasang yang menyebabkan banjir rob," ujar Helmy, Rabu (22/11/2023).

Helmy mengatakan, BPBD Beltim selalu memperbarui informasi berkenanan perubahan cuaca, termasuk peringatan dini cuaca, di seputar kecamatan apabila terjadi potensi hujan dan petir.

Berkenaan terjadinya musibah puting beliung beberapa hari lalu di Kecamatan Kelapa Kampit, Helmy menjelaskan beberapa tahun terakhir khususnya di Kecamatan Kelapa Kampit, memang rutin tiap tahunnya ada terjangan angin puting beliung, terutama di sekitar Desa Cendil, akan tetapi beberapa hari lalu terjadi di Desa Buding yang masih desa tetangga dari Desa Cendil.

"Untuk siklus tahunan, memang pada puncak musim penghujan kedua ini, ada potensi angin puting beliung yang ada di wilayah Kecamatan Kelapa Kampit, Gantung dan Simpang Pesak," kata Helmy.

Menurut Helmy, sebelum terjadi angin puting beliung di Kelapa Kampit, angin puting beliung sempat menerjang di daerah Kecamatan Gantung, hanya saja kerusakannya tidak separah yang terjadi di Kelapa Kampit.

Untuk itu, BPBD Beltim sudah menyiapkan personel dan juga sarana dan prasarana untuk mengantisipasi bahaya bencana alam tersebut. 

Helmy mengimbau, apabila terjadi hujan lebat disertai dengan angin kencang masyarakat diminta untuk segara mencari tempat berlindung guna terhindar dari bahaya.

"Kalau terjadi puting beliung, kalau kita keluar rumah justru kita sangat bahaya. Jadi berlindunglah di rumah cari tempat yang paling aman, jangan sampai kita tertimpa reruntuhan," tutur Helmi.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut