get app
inews
Aa Read Next : Walhi Babel Desak Menteri ESDM Cabut IUP PT Timah di Pesisir Laut Desa Batu Beriga

Katanya PIP Pecah! Warga Sebut Tidak Ada Badai atau Angin Kencang di Perairan Tanjung Mentok

Sabtu, 18 November 2023 | 21:23 WIB
header img
Ponton timah ilegal yang terparkir di Perairan Tanjung Mentok, Bangka Barat. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rizki Ramadhani.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Dalam kurun waktu satu bulan terakhir ini, tidak ada badai maupun angin kencang yang melanda wilayah perairan Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Hal itu disampaikan oleh Umar (34), warga Kampung Tanjung, Kecamatan Mentok, Bangka Barat, yang tempat tinggalnya tidak jauh dari Pos Satpolairud Polres Bangka Barat. 

Karena itu, Umar menilai tidak ada ponton isap produksi (PIP) yang terseret ombak, apalagi sampai hancur berantakan. 

"Tenang-tenang saja Bang. Tidak ada gelombang besar ataupun angin kencang di sekitar sini. Kayaknya kalau ada ombak pun tidak sampai menghanyutkan atau merusak ponton," kata Umar. 

Pernyataan Umar ini seakan membantah adanya kabar ponton yang sempat ditahan di sekitar Pos Satpolairud Polres Babar yang terseret ombak, apalagi hancur berantakan.

"Aman-aman saja Bang. Itu ponton saya juga di parkir di sana. Tidak ada rusak," kata Umar sembari menunjuk ponton miliknya yang berjarak hanya sekitar 100 meter dari tepi pantai depan Pos Satpolairud Polres Bangka Barat.

Diberitakan sebelumnya, dari 15 unit Ponton Isap Produksi (PIP) yang sempat diamankan oleh Satpolairud Polres Bangka Barat bersama Personil KP XXVIII Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung beberapa waktu lalu, hanya terlihat 9 unit PIP saja yang terpantau parkir Rabu (15/11/2023) sore di depan Pos Satpolairud Polres Bangka Barat. 

Bangyu (53), salah satu warga setempat saat ditanya oleh awak media menyampaikan memang sebelumnya dirinya sempat melihat ada belasan unit PIP yang terparkir di depan Pos Satpolairud Polres Bangka Barat. Namun, ia tidak tahu menahu kemana 6 unit PIP lainnya. 

"Setahu saya karena sering santai di sekitar lokasi tempat parkir PIP, jumlahnya ada belasan unit. Terus ada tambahan lagi kemarin kan informasinya ada 3 ponton dari perairan Belo Laut yang diamankan. Nah, kalau sekarang dihitung tinggal 9 unit, 6 unitnya tidak tahu kemana," kata Bangyu, Kamis (16/11/2023) lalu. 

Sementara, Kasat Polairud Polres Bangka Barat, Iptu Yudi Lasmono memastikan semua kasus tambang ilegal yang sedang mereka tangani terus berlanjut dan semua barang bukti (BB) serta tersangka sudah diamankan.

Saat ini terdapat 15 unit ponton isap produksi (PIP) diamankan jadi barang bukti, namun terdapat 3 unit PIP sudah hancur diterjang badai dan diamankan di samping Pos Satpolairud Polres Babar. Kemudian 9 unit diamankan di pesisir depan Pos Satpolairud dan 3 unit tambahan yang baru diamankan dari perairan Belo Laut, ditempatkan di Perairan Laut Tanjung, Kecamatan Mentok.

"Semua barang bukti dalam keadaan lengkap dan kita amankan," kata Kasat Polairud Iptu Yudi Lasmono, Jumat (17/11/2023).

Dikatakan Yudi, penegakan hukum yang pihaknya lakukan merupakan upaya menjaga ketertiban di wilayah perairan.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen kami dalam menjaga keamanan di perairan sekitar wilayah hukum Polres Bangka Barat, Barang bukti yang berhasil kami amankan akan menjadi dasar untuk proses hukum selanjutnya," ucapnya.

Proses penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan untuk mengungkap asal-usul dan kepemilikan ponton-ponton tersebut. Sat Polairud akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait guna memastikan tindakan hukum yang tepat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut