get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Babel Daerah Ketiga Terbaik Realisasi Dana Dekonsentrasi Pengendalian Inflasi se-Indonesia

Senin, 09 Oktober 2023 | 20:33 WIB
header img
Mendagri Tito Karnavian memimpin rapat koordinasi pengendalian inflasi bersama kepala daerah di tingkat Provinsi, dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, Senin (9/10/2023). Foto: Diskominfo/ Lulus.

Menurut Mendagri Tito, beberapa langkah dapat dilakukan pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi, seperti pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM), atau Operasi Beras SPHP (Bulog) se-Indonesia sesuai imbauan Badan Pangan Nasional, menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo perihal upaya pengendalian harga beras.

Selain itu, juga diharapkan dapat memaksimalkan dana dekonsentrasi dari Badan Pangan Nasional untuk mendukung pengendalian inflasi daerah. Tertanggal 6 Oktober 2023, optimalisasi dana dekonsentrasi baru terserap Rp12,9 miliar dari total Rp142 miliar. 

Terdapat 5 provinsi yang belum ada penyerapan, sedangkan Kep. Babel menjadi provinsi ketiga terbaik dengan realisasi dekonsentrasi dalam rangka pengendalian inflasi, dan penguatan ketahanan pangan di daerah, yakni sebesar 22,49%, di bawah Papua Barat (49,4%), dan Papua (27,9%).

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut