get app
inews
Aa Read Next : Posisi Strategis Pemuda dalam Pesta Demokrasi 2024 Sebagai Emansipasi Menghadapi Bonus Demografi

Hadiri Rakor Lintas Sektoral, Danrem 045 Garuda Jaya Pastikan TNI Netral dalam Pemilu 2024

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 17:44 WIB
header img
Komandan Korem 045/Garuda Jaya (Gaya) Brigadir Jenderal TNI A. Dedy Prasetyo, S.I.P, memberikan paparan dalam rakor lintas sektoral di Mapolda Babel. Foto: Istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Komandan Korem 045/Garuda Jaya (Gaya) Brigadir Jenderal TNI A. Dedy Prasetyo, S.I.P menghadiri acara rapat koordinasi lintas sektoral operasi Mantap Brata 2023-2024, bertempat di Gedung Tribrata Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Jum'at (6/10/2023). 

Danrem 045/Gaya menyampaikan beberapa poin penting dalam acara tersebut, antara lainya situasi dan kondisi saat ini dimana pertumbuhan ekonomi 5,17%, tingkat inflasi 3,27% dan penanganan Covid 19 terbaik di dunia.

"Kebijakan TNI guna pengamanan pemilu berdasarkan UU RI No 10 tahun 2016 tentang pemilihan umum pasal 71 ayat 1 bahwa kebijakan dan regulasi internal TNI bersifat netral," ujar Danrem.

Strategi guna menjaga netralitas TNI, kata Danrem adalah keteladanan, pembekalan dan ceramah, pengawasan internal dan eksternal dan reward juga punishment.

Sementara, strategi membantu pemerintah dan Polri dalam pemilu, adalah melaksanakan pemetaan daerah rawan konflik, perbantuan distribusi logistik pemilu dan memaksimalkan perbantuan pengamanan pemilu. 

Dalam sambutannya, Kapolda Babel, Irjen Pol Yan Sultra Indra Jaya mengatakan, berdasarkan UUD 1945, pemilu merupakan wujud keikutsertaan seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan negara, di samping itu pemilu adalah sarana demokratis untuk menyampaikan aspirasi rakyat, dalam rangka membentuk sistem negara yang legitimate dan berkedaulatan rakyat.

"Sehingga pemerintahan dan pimpinan nasional yang lahir dari hasil pemilu merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai dengan keinginan rakyat,oleh karena itu rakor ini dilaksanakan pengamanan pemilu tahun 2019, serta mengecek kesiapan pengamanan pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2024," ujar Kapolda.

Rapar koordinasi dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kapolda Babel dengan Danrem 045/Gaya, bersama Danlanal Babel, Danlanud HAS Hananjoeddin, Ketua KPU, Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Babel.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolda Babel, Wakapolda Babel, Kasiops rem 045/Gaya, Danlanal Babel, Danlanud HAS Hananjoeddin Babel, Kabinda Babel, Kepala BNNP Babel, Dandim 0413/BKA,  Ketua KPU Babel, Ketua Bawaslu, Ketua KPU dan hadirin lainnya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut