get app
inews
Aa Read Next : Cek Ketahanan Pangan Daerah, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Kunjungi Bangka Belitung

Harga Beras di Babel Naik, Kadisperindag: Dampak El Nino

Senin, 18 September 2023 | 12:02 WIB
header img
Stok beras di Gudang Bulog Cabang Bangka, tersedia 1.600 ton beras untuk di Pulau Bangka dan 500 ton untuk Pulau Belitung. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Harga Beras di Provinsi Kepulauan Bangka Bangka Belitung (Babel) mengalami kenaikan belakangan ini.  Kenaikan harga ini diduga dampak dari Fenomena El Nino. 

"Faktor cuaca (El Nino), sehingga produksi petani menjadi terganggu, menyebabkan harga beras di masyarakat mengalami kenaikan," kata Kadisperindag Babel, Tarmin pada Senin (18/9/2023). 

Ia mengatakan, untuk harga beras itu sendiri sudah diatur oleh Badan Ketahanan Pangan Nasional. Harga Eceran Tertinggi (HET) diatur dalam peraturan nomor 7 tahun 2023. HET beras premium sebesar Rp14.400/kg, sedangkan beras medium Rp11.500/kg. 

Menurut Tarmin, salah satu upaya untuk menekan harga beras naik di pasaran adalah menggelar operasi pasar murah, dan sudah terjadwal di Disperindag hingga bulan Desember mendatang. 

"Langkah ini setidaknya dapat membantu mensyaratkan yang kurang mampu bisa membeli beras dengan harga murah," kata Tarmin. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut