get app
inews
Aa Read Next : Resmikan 2 Sekolah, Bupati Algafry: Ini Mimpi yang Sudah Lama Ingin Kita Bangun

Deretan Universitas Tertua di Dunia, Nomor 1 Didirikan oleh Seorang Wanita

Senin, 04 September 2023 | 17:12 WIB
header img
Universitas Al-Azhar, Kairo Mesir. Universitas tertua di dunia. Foto: net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Deretan universitas tertua di dunia, akan menjadi ulasan kita kali ini. Seperti diketahui, pendidikan adalah tonggak penting dalam peradaban manusia, dan universitas adalah simbol penting dari institusi pendidikan tingkat tinggi di seluruh dunia. 

Sejak zaman kuno hingga saat ini, berbagai universitas telah didirikan dan berkembang, tetapi ada beberapa yang dikenal sebagai universitas tertua di dunia. 

Pendirian dan perkembangan universitas-universitas tertua ini telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, budaya, dan pemikiran di berbagai wilayah. 

Meskipun telah berusia ratusan tahun, universitas-universitas ini terus menjadi pusat pembelajaran dan penelitian yang penting hingga saat ini.

Deretan Universitas Tertua di Dunia

1. Universitas Al-Qarawiyyin (859)


Universitas Al-Qarawiyyin, Universitas tertua di dunia. Foto: net.
 

Universitas Al-Qarawiyyin, terletak di Fez, Maroko, dikenal sebagai salah satu universitas tertua di dunia yang masih beroperasi hingga sekarang. Didirikan pada tahun 859 oleh seorang wanita bernama Fatimah Al-Fihri, universitas ini awalnya didirikan sebagai madrasah. 

Seiring berjalannya waktu, Al-Qarawiyyin berkembang menjadi pusat pembelajaran yang menawarkan berbagai disiplin ilmu, termasuk agama, ilmu pengetahuan, sastra, dan hukum.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut