get app
inews
Aa Read Next : Pantang Pulang Sebelum Padam, Personel Gabungan Masih Berjibaku Padamkan Api Hutan Lindung Koba

Fenomena El Nino Berpotensi Picu Karhutla di Bangka Barat

Kamis, 03 Agustus 2023 | 14:12 WIB
header img
Kebakaran hutan di Desa Belo Laut, Kecamatan Mentok beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang menginformasikan terdapat 159 titik panas yang tersebar di wilayah Kabupaten Bangka Barat. Kebakaran hutan dan lahan akan mengancam Bangka Barat lantaran adanya fenomena El Nino

Sebab, saat ini sudah masuk puncak kemarau di pertengahan bulan Agustus dan September 2023. Berdasarkan informasi dari Klimatologi Jakarta, El Nino naik ke level modrat.

"Dengan adanya hal tersebut. Potensi Karhutla sangat besar terjadi. Kalau berkaca dengan tahun sebelumnya, El Nino ini relatif tidak sampai tahun berjalan sudah selesai. Ketika sudah masuk musim pengunjung sudah kembali normal," Koordinator Bidang Data dan Informasi, BMKG Pangkalpinang, Kurniaji, Kamis (3/8/2023).

Dengan adanya fenomena El Nino tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Barat mengimbau masyarakat tidak membuka lahan dengan cara dibakar apalagi di lahan gambut.

"Kalau terpaksa untuk membuka lahan dengan membakarnya harus diperhatikan aspeknya. Kami juga minta masyarakat harus berkoordinasi dengan aparat desa dan TNI Polri agar bisa terawasi," ujar Kepala BPBD Bangka Barat, Achmad Nursandi.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut