get app
inews
Aa Read Next : Ridwan Pimpin DPD HNSI Babel, Terpilih Secara Aklamasi di Musda

Pasca Pertemuan PJ Gubernur dan KKP, 3 LSM Ini Sesalkan Wacana Lelang Pengerukan Muara Jelitik

Sabtu, 29 Juli 2023 | 17:42 WIB
header img
3 organisasi sesalkan wacana Pj Gubernur Babel yang akan melakukan lelang terbuka pengerukan alur muara Sungai Jelitik. Foto: Istimewa.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Tiga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yakni Himpunan Pengusaha Ikan dan Nelayan Sungailiat (HPINS), Lembaga Kelautan dan Perikanan Indonesia (LKPI), dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka sesalkan adanya wacana lelang terbuka untuk melakukan pengerukan di kawasan alur muara Sungai Jelitik yang berlokasi di Kecamatan Sungailiat. Menurut mereka, wacana itu tidak tepat untuk mengatasi pendangkalan di kawasan tersebut.

Hal ini juga sekaligus untuk merespon hasil pertemuan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pemkab Bangka, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat, serta dinas terkait di lingkungan Pemprov Babel, Kamis (27/7/2023) kemarin.

Pada pertemuan tersebut, wacana lelang terbuka proyek kegiatan normalisasi tidak menggunakan dana pemerintah, baik itu APBN maupun APBD dengan tetap berpedoman pada Peraturan Pemerintah nomor 26 tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi Laut. 

HPINS Muhammad Ali menyebut wacana tersebut merupakan langkah mundur. 

"Kalau bicara lelang terbuka terkait pekerjaan alur ini, sudah dilakukan di masa lampau yang kemudian menjadi solusi bagi nelayan kita dengan kehadiran perusahaan yang kita kenal dengan PT.  Pulomas Sentosa," ujar Ali, Jumat (28/7/2023) malam.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut