get app
inews
Aa Read Next : Film 20 Days in Mariupol Raih Piala Oscar Kategori Dokumenter Terbaik

Iran Akhirnya Dapatkan Dukungan Negara Adidaya untuk Penggunaan Nuklir

Jum'at, 07 Juli 2023 | 19:24 WIB
header img
Vasily Nebenzya, Wakil Tetap Rusia untuk PBB. Foto: TASS.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Kampanye Iran untuk mendapatkan restu bagi penggunaan nuklir untuk tujuan damai akhirnya menemui jalan terang. Salah satu negara adidaya sekaligus pemegang hak veto Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Rusia, dengan tegas menyatakan dukungan terhadap hak Iran untuk mengembangkan tehnologi nuklir bagi tujuan damai.

Berbicara dalam forum non proliferasi Dewan Keamanan PBB, wakil tetap Rusia untuk PBB, Vasily Nebenzya menyinggung adanya upaya beberapa negara barat untuk memberikan gambaran menyimpang tentang kerjasama dan komitmen yang sedang dibangun oleh Iran dengan Badan Atom Internasional IAEA atau International Atomic Energy Agency.

Disampaikan Nebenzya, Rusia menolak setiap upaya menjegal hak Iran menjalankan program nuklir untuk tujuan damai dibawah pengawasan Badan Energy Atom Dunia.

“Rekan-rekan Barat kami terus berspekulasi tentang penemuan uranium yang diperkaya hingga 83,7% di salah satu fasilitas Iran. Apa yang mereka lebih suka untuk tidak menyebutkan adalah bahwa laporan Sekretaris Jenderal, Fasilitator 2231, dan Direktur Jenderal IAEA dengan jelas mengatakan bahwa ini masalah telah diselesaikan," kata Nebenzya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut