get app
inews
Aa Read Next : Erzaldi Rosman Apresiasi Bonsai Bangka Fest 2024

Ratusan Bonsai Nasional Dipamerkan di Halaman Kantor Gubernur Babel

Rabu, 05 Juli 2023 | 14:48 WIB
header img
Pemandangan ratusan Bonsai yang berjejer rapi di halaman kantor Gubernur Kepulauan Babel, dalam ajang Kontes Bonsai Nasional 2023. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Siti Nurul Fadillah.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Ratusan Bonsai berjejer rapi di halaman Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Bonsai ini adalah milik para berbagai pencinta bonsai se-Indonesia yang sengaja mengikuti Kontes Bonsai Nasional dan Semarak UMKM, Selasa (4/7/2023).

Kontes Bonsai ini sendiri dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli 2023 sampai 8 Juli 2023 mendatang.


Pj Gubernur Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu melihat ratusan Bonsai yang berjejer rapi di halaman kantor Gubernur Kepulauan Babel, dalam ajang Kontes Bonsai Nasional 2023. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Siti Nurul Fadillah.
 

Tentu saja, kehadiran tanaman kerdil yang memiliki nilai artistik tinggi ini mengundang decak kagum warga masyarakat dan para ASN di lingkungan Pemprov Babel. Tak hanya itu, acara Kontes Bonsai ini juga dimeriahkan dengan Semarak UMKM di Bangka Belitung.

Dari kegiatan ini mengajarkan untuk mencintai lingkungan melalui tanaman Bonsai, seperti filosofi Bonsai yang harus dipelihara dengan penuh kesabaran, diberi pupuk, dan dirawat seperti anak sendiri.

Pj Gubernur Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu mengatakan bahwa, merawat bonsai merupakan kegiatan yang dapat berpotensi membawa dampak positif untuk ekonomi. Ia menambahkan, selain dampak ekonomi yang didapat dari menjual pohon dan pupuk, pecinta bonsai juga terbukti sebagai pecinta lingkungan.

"Kadang-kadang orang hanya hobi, tetapi tidak ada muatan ekonomi, tapi bagi penggemar bonsai semua bisa, ada yang menjual pohonnya, pupuk, sekaligus juga terbukti sebagai pecinta lingkungan," ucapnya.

Tidak hanya itu, menurut Pj Gubernur Suganda, pecinta bonsai juga  mencirikan watak seseorang yang sabar, karena merawat bonsai memakan waktu yang cukup lama, sehingga hanya orang sabarlah yang mampu menghasilkan tanaman bonsai yang bagus dan indah. Untuk itu, Pj Gubernur Suganda berharap filosofi dari para pegiat tanaman bonsai ini bisa menginspirasi banyak orang, bahwa untuk menghasilkan yang terbaik diperlukan kesabaran dan ketekunan.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut