get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Kreatif, Warga Bangka Barat Sulap Ikan Buntal Jadi Peci dan Topi Koboy Nan Unik

Minggu, 09 Januari 2022 | 09:42 WIB
header img
Beni (46) saat membuat kerajinan tangan berbentuk topi koboy dari ikan Buntal, Minggu (9/1/2022). (Foto: iNews.id / Rizki Ramadhani.)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Ikan buntal memang dikenal sebagai salah satu hewan laut yang memiliki racun mematikan. Maka tak heran sangat jarang sekali masyarakat mengkonsumsi hewan yang juga disebut ikan Fugu ini. 

Dilansir dari situs alodokter.com, dalam ikan ini terdapat racun tetrodotoksin yang dapat menyerang sistem saraf dan sangat mematikan.

Namun, ditangan Beni (46) warga Desa Rambat, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat. Ikan beracun ini justru diolah menjadi kerajinan tangan yang unik

Kulit ikan buntal yang memiliki tekstur keras, kasar dan berduri, disulap Beni menjadi hiasan kepala seperti topi koboy dan peci.

"Awalnya tahun 2019 iseng saja coba mengolah kulit ikan buntal ini kok bisa keras gini, bahkan sempat saya dikira orang stress. Terus coba buat kayak topi atau peci dititipkan ke acara pameran, malah ada yang suka terus buat lagi," kata Beni, Minggu (9/1/2022). 

Beni kemudian menjelaskan proses pembuatan topi koboy atau peci, hingga bisa menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomis. 

"Bagian yang dibuang hanya isi (daging), diambil bagian kulit terus kepala sampai sirip. Kemudian kulit tadi dijemur dulu, terus langsung dibentuk polanya pake baskom dan diikat dengan benang nilon. Dijemur lagi sampai kering, lalu dipotong, dirapikan, dipercantik sesuai dengan keinginan, mau itu topi atau peci," ucapnya. 

Kerajinan tangan yang dibuat oleh Beni, dibanderol mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 500.000. Tergantung jenis, ukuran, dan tingkat kesulitan pembuatannya. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut