get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Limoff Event, Inspirasi Bawa Produk Wastra Bangka Belitung Mendunia

Kamis, 18 Mei 2023 | 16:37 WIB
header img
Road to Lombok International Modest Fashion Festival, di Medan. Foto: Diskominfo/ Lulus.

MEDAN, Lintasbabel.iNews.id - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Maya Suganda Pasaribu memuji penyelenggaraan Lombok International Modest Fashion Festival (Limoff).

Hal ini dikatakannya usai menghadiri Kegiatan Road to Lombok International Modest Fashion Festival. Limoff Event sendiri akan diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan Dekranasda Provinsi NTB, pada 6-9 Juli 2023 mendatang. 

Event ini dikatakannya tidak hanya membawa wastra lokal atau kain tradisional Lombok mendunia, dan berdaya saing, namun memberikan multifier effect untuk men trigger pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

“Ketika ada event seperti ini, tentunya akan berdampak pada sektor pariwisata, ekonomi kreatif, peningkatan jumlah IKM dan UMKM, penyerapan tenaga kerja, dan menyejahterakan pengrajin lokal,” ujar Maya Suganda, di Hotel City Hall, Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/5/2023).

Event Limoff yang digagas oleh Ketua Dekranasda Provinsi NTB Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah ini, diharapkannya juga bisa menjadi inspirasi bagi Kepulauan Babel membawa produk wastra (kain tradisionel) ke kancah Internasional. Maya Suganda meyakini produk wastra Kep. Babel tidak kalah dengan yang lain. 

"Produk wastra kita bagus, dan saya rasa jika kita pun bisa ikut berpartisipasi. Kep. Babel ini sudah banyak pelaku usaha yang concern mengembangkannnya seperti Ishadi, Sepiak, Destiani, Kampung Katak, dan rata-rata mereka sudah merambah ke dunia fashion ," ujarnya. 

Dilanjutkan Maya Suganda, ke depan, sejalan dengan target Dekranas yakni menyejahterakan pengrajin, pihaknya bersama BUMN, perbankan, dan stakeholder akan terus bahu-membahu memberikan fasilitas pelatihan maupun pembinaan. 

"Dekranasda adalah wadah pembinaan pelaku usaha UMKM, khususnya di sektor kerajinan," katanya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut