get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Buka Sungailiat Triathlon 2023, Menparekraf Sandiaga: Wisata Olahraga Berskala Internasional

Sabtu, 13 Mei 2023 | 13:26 WIB
header img
Menparekraf Sandiaga Uno ikut berpartisipasi dalam Sungailiat Triathlon 2023. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Maulana.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membuka langsung event internasional Sungailiat Triathlon 2023 di Pantai Tanjung Pesona Sungailiat Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Sabtu (13/5/2023) pagi. Wisata olahraga Sungailiat Triathlon 2023 berskala internasional ini dikuti sebanyak 8 mancanegara.


Sungailiat Triathlon 2023. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Maulana.
 

Sungailiat Triathlon 2023 merupakan event wisata olahraga ke-8 yang diselenggarakan pemerintah Kabupaten Bangka dan diikuti 229 peserta dari 8 negara.

Dengan tiga kategori lomba, Sprint Open Distance dan Sprint Local Distance, dengan jarak renang 750 meter, sepeda 20 kilo meter, lari sejauh lima kilometer, Standart Distance dengan jarak renang 1 koma lima kilometer,  sepeda 40 kilo meter dan lari 10 kilo meter.

 

Long Distance dengan jarak renang 1 koma 9 kilo meter, sepeda 90 kilo meter,  lari 20 kilo meter, dan kategori umur meliputi usia 20 sampai 30 tahun, 31 sampai 40 tahun serta usia di atas 50 tahun.


Menparekraf Sandiaga Uno ikut berpartisipasi dalam Sungailiat Triathlon 2023. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Maulana.
 

Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI (menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan jika Sungailiat Triathlon layak dijadikan agenda wisata olahraga berskala internasional.

"Hari ini Sungailiat Triathlon kembali digelar, dan menancapkan suatu prestasi sebagai salah satu event sport tourism terpilih, jadi yang terbaik bukan hanya Desa Wisata Rebo yang terbaik tapi juga ada eventnya, ini adalah bentuk kolaborasi yang luar biasa, Bangka super layak untuk penyelenggaraan wisata olahraga Triathlon," katanya.

Dengan berkembangnya sektor pariwisata di kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung maka dapat membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan pasca pendemi.

“Jangan lupa beli beli produk kreatif karena ini membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas pasca pandemi dalam transisi ekonomi ekstraktif menuju ekonomi kreatif,” tuturnya. 

 

Karina, salah satu peserta Sungailiat Triathlon 2023 mengaku sangat puas dengan penyelenggaraan wisata olahraga di Kabupaten Bangka ini.

"Pengalaman triathlon di Belitung baru sekali kemaren, yang di Bangka baru pertama kali. Seru banget ngeliat ketutupan ama pohon-pohon jadi gak terlalu panaslah gak gersang, sejauh ini gak ada kendala, fun seru,” katanya.

Kolaborasi Desa Wisata Tari Rebo dan Event Sport Tourism ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Kabupaten Bangka.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut