get app
inews
Aa Read Next : 2 Nelayan Belitung Alami Lost Contact di Perairan Sungai Padang

Dampak Cuaca Buruk, Harga Ikan di Pasar Muntok Melonjak Hingga 90 Persen

Senin, 03 Januari 2022 | 12:52 WIB
header img
Dedi Bintang, saat menjajakan ikan dagangannya di Pasar Tradisional Muntok, Senin (3/1/2022). (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Harga jual ikan di Pasar Tradisional Muntok Kabupaten Bangka Barat, mengalami kenaikan, disebabkan berkurangnya pasokan dari nelayan yang tak berani melaut akibat cuaca buruk

Menurut Dedi Bintang, salah satu pedagang ikan di Pasar Tradisional Muntok, lonjakan harga terjadi sejak satu bulan terakhir.

"Kalo kenaikan sudah lama kira-kira satu bulan ini, misalnya Tenggiri yang awalnya 70 ribu rupiah, sekarang 120 ribu rupiah per kilogram. Kemudian Singkur dari 40 sekarang 60 ribu, dan kurai dari 40 ribu bisa tembus 70 ribu," kata Dedi Bintang, Senin (3/1/2022). 

Mahalnya harga ikan, berpengaruh pada menurunnya omset pedagang ikan laut, dan menurunnya daya beli masyarakat. 

"Kalo sebab itu cuaca buruk, terus resiko untuk melaut juga tinggi. Pasar sepi, pembeli jadi takut ke pasar karena harga ikan mahal. Kami harap secepatnya cuaca membaik dan situasi normal," ucapnya. 

Sementara, Fenilisa (52), salah satu pembeli menyampaikan keluhan terkait tingginya harga ikan laut di Pasar Tradisional Muntok. 

"Keberatan, biasanya bawa duit 50 ribu lah dapat setengah kilogram ikan tenggiri sama bumbu masak dan sayur. Sekarang ini cuma dapat ikan saja, karena harga naik, jadi masak ikan goreng saja. Terus kalo harga tetep naik, ya beli beralih ke daging ayam atau daging sapi," ujar Fenilisa. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut