get app
inews
Aa Read Next : Warga Tionghoa Bagikan 210 Paket Takjil Gratis di Pangkalpinang

Lihat Pekuburan Cina Terbesar di Asia Tenggara, Pj Gubernur Babel: Ini Bisa jadi Daya Tarik Wisata

Sabtu, 08 April 2023 | 21:25 WIB
header img
Pj Gubernur Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu meninjau Pekuburan Sentosa di Pangkalpinang, yang merupakan pekuburan Cina terbesar se-Asia Tenggara. Foto: Natasya/ Ist.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Didominasi dengan keturunan Tionghoa, tidak heran jika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memiliki komplek pemakaman Cina yang begitu luas. Salah satunya Pemakaman Sentosa Pangkalpinang, yang merupakan makam terbesar di Indonesia juga Asia Tenggara.

Terletak di Jalan Soekarno Hatta Pangkalpinang, membuat lokasi pekuburan ini cukup strategis. Hal inilah yang membuat Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel Suganda Pandapotan Pasaribu menginginkan jika perkuburan ini dapat diurus dengan baik tata kelolanya, seperti kebersihan dan kerapiannya, sehingga bisa dijadikan salah satu tujuan wisata. 

"Karena posisi pekuburan Cina ini strategis, jadi kan kalau diliat dari sini kan bagus ya, orang-orang bisa melihat keindahan Kota Pangkalpinang, sekaligus luasnya komplek perkuburan cina yang rapi, jadi ini bisa menjadi daya tarik wisata," ujar Pj. Gubernur dalam kunjungannya pada Sabtu (8/4/2023).

Menurut Pj. Gubernur Suganda yang saat itu didampingi sang istri, Maya Krista Sidabutar, alangkah lebih baik lagi jika pekuburan ini benar-benar dikelola lagi agar lebih baik. Bisa dengan diadakannya kolaborasi yang baik antara pemerintah dan yayasan pengurus.

"Ini bisa nanti dikelola lebih baik lagi, lebih rapi lagi, bisa dilihat ini ada tumpukan sampah, kan sayang kalau begini jadi mengganggu pemandangan. Nanti kita koordinasikan lagi ke Pemerintah Kota (Pemkot Pangkalpinang) juga yayasannya. Jadi, yayasannya tidak mengurus sendiri," katanya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut