get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Aktivitas Tambang Diduga Ilegal Rusak Pasilitas Bandara

Sabtu, 01 Januari 2022 | 19:35 WIB
header img
GM AP II Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Muhammad Adiwiyanto. (Foto : lintasbabel.id/ Haryanto)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - General Manager Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Muhammad Adiwiyanto mengatakan aktivitas tambang timah di dekat kawasan Bandara Depati Amir, telah merusak pasilitas bandara. Kerusakan terjadi pada areal pagar Daerah Keamanan Terbatas (DKT).

"Ya memang aktivitas tambang itu (dekat bandara) sebagai merusak pagar aset kami. Kebetulan beberapa area itu langsung menjadi pagar DKT," kata Adiwiyanto, dikonfirmasi wartawan, Jumat (31/12/2021).

Dia menuturkan, hal tersebut sangat mengganggu dan membahayakan penerbangan, apalagi jika terus menerus dibiarkan.

"Ini tentunya sangat membahayakan operasional penerbangan. Kita ketahui bersama kejadian-kejadian di bandara lain adanya orang naik ke roda pesawat, itu kan melalui celah-celah seperti itu. Yang seperti itu tidak kita harapkan terjadi di bandara kita," ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan, pihaknya kata Adiwiyanto telah beberapa memberikan teguran, namun tidak punya kewenangan menindak. Padahal aktivitas penambangan di sana telah berlangsung lama dan menyebabkan puluhan hektar lahan di sekitar bandara rusak parah.

"Kalau penertiban yang dilakukan oleh polisi kemarin itu kami apreasiasi lah, karena memang aktivitas tambang di dekat areal bandara merusak pagar aset kami," ucapnya.

Diketahui, Tim Resmob Polda Bangka Belitung merazia tambang timah yang diduga beroperasi secara ilegal di kawasan, yang berjarak hanya puluhan meter saja dari akses utama menuju VIP Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut