get app
inews
Aa Read Next : Muslim Harus Tahu, Inilah Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik

Contoh Ceramah Singkat tentang Peningkatan Keimanan dan Ketakwaan

Jum'at, 31 Maret 2023 | 17:19 WIB
header img
Contoh ceramah singkat tentang peningkatan keimanan dan ketakwaan bisa didapat pada artikel berikut ini. Foto: Ilustrasi/ Net.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Iman dan takwa seperti itulah, yang apabila kita istiqamah menjalankannya, Allah akan memberikan keberkahan dari langit dan bumi.

Seperti Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebutkan di dalam ayat :

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُواْ وَاتَّقَواْ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَاتٍ مِّنَ السَّمَاء وَالأَرْضِ وَلَـكِن كَذَّبُواْ فَأَخَذْنَاهُم بِمَا كَانُواْ يَكْسِبُونَ

Artinya: “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (Q.S. Al-A’raf [7]: 96).

Pada ayat ini Allah menerangkan bahwa seandainya penduduk suatu negeri itu beriman kepada agama yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan mereka bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan melimpahkan kepada mereka kebaikan dan keberkahan yang banyak. Keberkahan baik yang datang dari langit maupun yang datang dari bumi.

Keberkahan yang datang dari langit misalnya turunnya hujan yang menyirami dan menyuburkan bumi. Hingga dengan hujan itu tumbuhlah tanam-tanaman yang diperlukan manusia. Ada tanaman padi, sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman kayu, dan sebagainya, yang semuanya diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Lalu, dengan tanaman-tanaman itu, seperti rerumputan, dimakan pula oleh binatang-binatang. Hingga  berkembang-biaklah binatang-binatang ternak itu, yang kesemuanya lagi-lagi dimakan oleh manusia.

Lalu tumbuhlah ekonomi yang mensejahterakan, masyarakat yang sehat jasmani dan rohaninya, tumbuh keamanan dan kedamaian para penghuninya. Disebabkan iman dan takwa, perlindungan Allah Ta’ala.

Begitulah Allah menyebutnya dengan:

 لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَاتٍ

“Pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah”.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut