get app
inews
Aa Read Next : Korda IJTI Bangka Selatan Resmi Dibentuk, Wiwin Suseno jadi Nahkoda

Kawasan Hutan Produksi di 4 Desa di Bangka Selatan Bakal Dijadikan Kebun Sawit Baru

Sabtu, 18 Maret 2023 | 16:04 WIB
header img
Yopi Jamhar, Ketua HKTI Bangka Selatan. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Wiwin Suseno.

BANGKA SELATAN, Lintasbabel.iNews.id - Kawasan Hutan Produksi (HP) di 4 Desa di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), bakal dibuka untuk Kebun Sawit baru secara besar-besaran, oleh oknum pengusaha. Kawasan HP yang bakal dibuka perkebunan sawit baru tersebut, berada di wilayah Desa Bencah, Tepus, Jeriji dan Kepoh.

Aktivitas rencana pembukaan lahan diduga dalam Kawasan Hutan Produksi untuk perkebunan sawit di Desa Bencah Kecamatan Airgegas beberapa waktu lalu sempat ricuh dan ditolak warga.

Tak hanya itu, Berdasarkan penulusuran yang dilakukan awak media, Kebun Sawit di Kawasan hutan desa Tepus oleh oknum pengusaha saat ini justeru sudah ada yang memasuki usia panen. Sedangkan di Kawasan Hutan produksi di Desa Bencah, Jeriji, dan Kepoh juga bakal ditanami Sawit baru oleh oknum pengusaha.

Menyikapi kondisi tersebut, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Bangka Selatan Yopi Jamhar meminta Oknum Pengusaha untuk menaati aturan.

Menurut Yopi, Pengusaha yang ingin memanfaatkan kawasan hutan untuk lahan perkebunan sawit harus memahami regulasi pemanfaatan kawasan hutan yang telah diatur oleh pemerintah.

"Jangan terkesan main kucing-kucingan, ikuti regulasinya. kalau memang bisa dilakukan secara legal urus dong perijinannya agar negara dan daerah tidak dirugikan. kan bisa menghasilkan pendapatan negara dan daerah," katanya, Sabtu (18/3/2023).

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut