get app
inews
Aa Read Next : Smartphone Android Ternyata bisa Diretas dari Jarak Jauh, Begini Hasil Temuan  Google 

Siapa Pemilik Nokia, Raja Handphone Dunia Era 2000-an

Selasa, 28 Februari 2023 | 17:46 WIB
header img
Nokia 1280 atau populer dengan sebutan Nokia Black Senter, menjadi produk sangat laris karena tahan banting dan sangat awet. Foto: net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Siapa pemilik Nokia, sebuah perusahaan produsen telekomunikasi seluler yang sempat berjaya pada era 2000-an. Handphone buatan Nokia sangat populer di Indonesia, karena awet dan tahan banting.

Nokia bahkan sudah hadir mulai dari era perangkat CDMA, GSM hingga W-CDMA. Maka brand Nokia begitu sangat lekat kepada publik, terutama di kawasan Asia salah satunya Indonesia.

Nama Nokia, sebenarnya diambil dari nama komunitas yang mendiami kawasan Sungai Emakoski, Finlandia Selatan. Sebelum menjadi perusahaan produsen telekomunikasi, Nokia dahulu adalah perusahaan pengolah bubur kertas.

Nokia didirikan oleh Fredrik Idestam pada tanggal 12 Mei 1865, sebagai perusahaan pengolahan kayu dan karet. Pasca Perang Dunia I, Nokia mengakuisisi sebuah perusahaan kabel Finlandia, yang memproduksi telegraf dan kabel telepon, bernama Finnish Rubber Works dan Finnish Cable Works.

Fredrik Idestam yang memiliki nama lengkap Fredrik Knut Idestam dilahirkan di Tyrvanto, Finlandia pada tanggal 28 Oktober 1838. Dia adalah seorang insinyur pertambangan.

Tahun 1871, Fredrik bersama Leo Mechelin memindahkan usahanya ke Kota Finlandia, lalu mendirikan perusahaan bernama Nokia Ltd. Fredrik wafat pada tanggal 8 April 1916, sementara Nokia dilanjutkan oleh penerusnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut