get app
inews
Aa Read Next : Unstopable KOHATI dalam Katalisator Kebangsaan

Profil Gus Yahya Ketum PBNU Terpilih: Kuliah di UGM, Aktif di HMI dan Pernah Jadi Jubir Gus Dur

Jum'at, 24 Desember 2021 | 14:21 WIB
header img
KH Yahya Staquf terpilih sebagai Ketua Umum PBNU dalam muktamar di Lampung.(Foto:YouTube NU Online)

Gus Yahya juga menjadi pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin, Rembang, Jawa Tengah. Selain itu, tahun 2014, Gus Yahya bersama rekannya mendirikan institut keagamaan di California, Amerika Serikat yang bernama Bayt ar-Rahmah li ad-Da'wa al-Islamiyah Rahmatan li al-Alamin. Institusi itu mengkaji agama Islam untuk perdamaian dan rahmat alam.

Bukan hanya dikenal sebagai tokoh agamawan, Gus Yahya disebut-sebut merupakan pegiat ikhwal "rahmah" dalam penyelesaian konflik kemanusiaan dunia. 

Tokoh NU yang kini menjabat sebagai Katib Aam PBNU ini, pernah menuai kontroversi lantaran aksinya memenuhi undangan dialog dari American Jewish Committee (AJC) Global Forum untuk datang ke Israel pada Juni 2018. 

Dalam bidang politik, Gus Yahya pernah menduduki jabatan penting di pemerintahan. Pada masa kepemimpinan Presiden ke-4 RI, Gus Yahya pernah menjabat sebagai juru bicara Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Kemudian pada 31 Mei 2018, ia dilantik menjadi salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) oleh Presiden Joko Widodo hingga tahun 2019. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut