get app
inews
Aa Read Next : Bagaimana Nomor Atom Unsur-unsur dalam Satu Golongan? Temukan Jawabannya di Sini

Apa itu Alkena (Sifat, Kegunaan, dan Contohnya)

Senin, 06 Februari 2023 | 16:02 WIB
header img
Senyawa Alkena, pengertiannya, sifar dan contohnya bisa kamu simak dalam artikel kal ini. Foto: Ilustrasi/ Net.


Contoh Alkena

Dalam kehidupan sehari-hari kita keram menjumpai contoh Alkena, diantaranya:

Etilen

Etilen adalah hidrokarbon yang memiliki rumus C2H4 atau H2C = CH2. Etilen merupakan gas tidak berwarna yang mudah terbakar dengan bau samar manis dan musk dalam bentuk murni. Etilen adalah alkena paling sederhana (hidrokarbon dengan ikatan rangkap karbon-karbon).

Etilen banyak digunakan dalam industri kimia, yang sebagian besar digunakan untuk polietilen, plastik yang banyak digunakan yang berisi rantai polimer unit etilen dalam berbagai panjang rantai.

Etilen juga merupakan hormon tumbuhan alami yang penting dan digunakan di bidang pertanian untuk memaksa pematangan buah. Hidrat etilen adalah etanol.

Propena

Propena, juga dikenal sebagai propilena atau metil etilena, adalah senyawa organik tak jenuh dengan rumus kimia C3H6. Propena memiliki satu ikatan rangkap, dan merupakan anggota termudah kedua dari kelas alkena hidrokarbon. 

Propena sangat penting untuk sejumlah besar bahan kimia, termasuk polimer adisi, poli (propena). Namun, tidak seperti etena, propena mudah mengalami reaksi substitusi, yang menyebabkan berbagai bahan kimia penting.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut