get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara Menukar Koin TikTok jadi Uang

Siapa Pemilik TikTok? Ternyata Orang Terkaya Nomor 2 di China

Senin, 30 Januari 2023 | 18:53 WIB
header img
Zhang Yiming, Pemilik TikTok, aplikasi video pendek terpopuler saat ini. Foto: Net.

Tahun 2009, Zhang mendirikan 99fang.com, sebuah bisnis pencarian real estat yang menjadi perusahaan pertamanya. Di tahun 2012, Zhang Yiming merenungkan gagasan aplikasi agregasi berita yang didukung oleh AI yang diberi nama Toutiao.

Aplikasi agregasi berita ini menggunakan AI (Artificial Intelligence) untuk memprediksi apa yang ingin dibaca pengguna selanjutnya. Semakin banyak digunakan, umpan berita Anda akan semakin baik dan lebih personal. Dari sinilah TikTok ditelorkan.

Zhang kemudian merintis bisnis startup-nya ByteDance. Di bulan Juli 2012, perusahaannya berhasil meyakinkan investor hingga mengumpulkan US$$5 juta dalam putaran pendanaan Seri A dari investor miliarder Yuri Milner dan Susquehanna Investments, yang kemudian memberikan kontribusi sebesar US$10 juta pada tahun 2013.

Tahun 2014, ByteDance mendapatkan suntikan dana sebesar US$100 juta dalam putaran Seri C dari perusahaan modal ventura Sequoia Capital China.

Lantas, tiga tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2017, aplikasi andalannya Toutiao telah menjadi aplikasi berita yang paling banyak diunduh di iOS App Store di Cina.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut