Logo Network
Network

Siapa Pemilik TikTok? Ternyata Orang Terkaya Nomor 2 di China

Muri Setiawan/ Net Lintasbabel.iNews.id
.
Senin, 30 Januari 2023 | 18:53 WIB
Siapa Pemilik TikTok? Ternyata Orang Terkaya Nomor 2 di China
Zhang Yiming, Pemilik TikTok, aplikasi video pendek terpopuler saat ini. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Siapa pemilik TikTok, banyak dicari oleh publik. Pasalnya aplikasi media sosial yang identik dengan video pendek itu, kini menjadi pilihan utama netizen di Tanah Air. 

Bagaimana cara si pemilik membangun TikTok hingga bisa bersaing dengan media sosial (medsos) besar lainnya? Berikut ini ulasan singkatnya, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Sejarah TikTok

TikTok merupakan aplikasi berbagi video singkat rata-rata dengan durasi 5 hingga 15 detik, dan sangat populer di jagad maya. Bahkan beberapa unggahan video TikTok lebih mudah viral dibanding dengan aplikasi serupa yang juga bermain di segmen postingan video.

TikTok lahir pada September 2016 di Cina. Setahun kemudian, teptnya pada September 2017, baru TikTok merambah ke luar Cina.

Oktober 2018, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Sebuah pencapaian pertama dari aplikasi asal Cina, yang bisa menembus pasar Amerika Serikat.

Pada bulan Februari 2019, TikTok sudah diunduh sebanyak satu miliar kali secara global.

Perusahaan induk TikTok, ByteDance bahkan dikabarkan telah membayar US$1 miliar untuk mengakuisisi Musical.ly, sebuah aplikasi populer Amerika Serikat.

TikTok sangat populer di kalangan remaja di Amerika Serikat. Diperkirakan 60% dari 26,5 juta pengguna aplikasi bulanan di negara tersebut berusia antara 16 dan 24 tahun. Aplikasi ini merambah hingga 150 pasar dan diakses dalam 75 bahasa.

Menariknya, TikTok saat ini memiliki nilai valuasi mencapai US$75 miliar, yang sekaligus menjadikannya sebagai startup paling berharga di dunia. Nilai perusahaan ini bahkan lebih berharga daripada Uber, Airbnb, dan juga SpaceX.

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.