get app
inews
Aa Read Next : Akhiri Kunjungan Kerja di Babel, Begini Kesan Wapres Ma'ruf Amin

Ratusan Warga Ikuti Baksos Operasi Katarak Gratis di Bangka Selatan

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:25 WIB
header img
Ratusan warga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengikuti bakti sosial operasi katarak gratis di Rumah Sakit Kriopanting Payung, Desa Payung Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Sabtu (28/1/2023). Foto: Istimewa.

BANGKA SELATAN, Lintasbabel.iNews.id - Ratusan warga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengikuti bakti sosial operasi katarak gratis di Rumah Sakit Kriopanting Payung, Desa Payung Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Sabtu (28/1/2023).

 
Operasi katarak gratis ini diselenggarakan Dokter Spesialis Mata Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang, Sumatera Selatan.

Menurut Dokter Spesialis Mata RSBT Pangkalpinang, Edwin Bayu Putra, baksos ini sebagai wujud dari rencana kerja RSBT untuk pengembangan pelayanan mata dan memberikan pelayanan mata, baik itu di dalam rumah sakit ataupun di luar rumah sakit.

"Ini kegiatan ke sekian kalinya untuk beberapa tahun terakhir di daerah-daerah dengan tujuan untuk memberantas buta katarak," ujar Edwin.

Dikatakan Edwin, dalam satu tahun terakhir, pihak RSBT mampu mengoperasi katarak 1.400 hingga 1.500 pasien pertahun. Sedangkan, untuk baksos di daerah-daerah, dilaksanakan tiga kali dalam setahun, dengan rata-rata pasien 140 hingga 150 orang.

"Dokter Spesialis Mata di kita ada sembilan orang, itu tidak sebanding dengan jumlah pasien. Sehingga banyak pasien yang seharusnya dilakukan tindakan, namun terpaksa tertunda," ucap Edwin.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut