get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kualitas Mahasiswa, UNABA Babel Gelar Seminar Public Speaking 

Komunikasi Non Verbal (Pengertian, Bentuk, dan Contohnya)

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:56 WIB
header img
Komunikasi Non Verbal sangat diperlukan dalam menyampaikan informasi. Simak ulasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini. Foto: Ilustrasi/ Net.

9. Chronemics

Chronemics disini maksudnya adalah menunjukkan waktu ketika berkomunikasi. Misalnya saat komunikasi dilakukan pada saat pagi hari, tentu akan membutuhkan perhatian lebih agar informasi yang disampaikan dapt diterima dengan baik.

10. Artifak

Suatu benda atau objek, serta gambar bisa dijadikan sebagai alat untuk berkomunikasi secara nonverbal. Benda atau gambar tersebutlah yang disebut sebagai artifak.

Contoh bentuk komunikasi ini adalah saat Anda memasang foto profil atau mengunggah gambar tertentu di sosial media. Foto tersebut telah memberikan informasi kepada yang melihatnya mengenai siapa Anda dan hal-hal yang Anda sukai, misalnya.


Contoh Komunikasi Non Verbal

Setelah memahami pengertian dan bentuk dari komunikasi non verbal, selanjutnya kamu bisa menyimak apa saja contoh-contohnya yakni:

1. Saat seseorang merasa canggung atau heran dengan lawan bicara, maka ekspresi wajah seperti tersenyum akan muncul. Sedangkan, ketika bosan maka ekspresi wajah cemberut akan keluar dengan sendirinya.

2. Ketika seseorang menunjukkan gestur tubuh yang tidak nyaman saat berbicara, maka lawan bicara akan tahu jika seseorang tersebut sedang merasa terganggu.

Selain itu, gestur seperti mengacungkan tangan saat akan bertanya di waktu rapat, menunjukkan bahwa orang tersebut sangat sopan karena tidak ingin memotong pembicaraan orang lain.

3. Saat ada orang sedang bicara dengan menyilangkan tangan dan dahinya berkerut, kemungkinan besar dia sedang merasa kesal dan marah.

4. Kita akan memberikan atau menunjukkan rasa empati dengan mengusap punggung atau tangan teman kita yang sedang berduka atau bersedih.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut