get app
inews
Aa Read Next : Cara Meredupkan Layar Laptop

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas, Gak Usah Buru-Buru ke Tukang Servis, Bisa Dilakukan Sendiri, Lho!

Jum'at, 27 Januari 2023 | 17:46 WIB
header img
Cara mengatasi laptop cepat panas alias overheat, bisa Anda lakukan sendiri dengan gampang. Simak ulasannya di sini. Foto: Ilustrasi/ Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Cara mengatasi laptop cepat panas, sangat mudah sekali dilakukan. Anda bisa mengikuti sejumlah cara yang ada di dalam artikel ini, untuk mengatasi perangkat seperti laptop yang cepat panas. Simak sampai selesai, ya!

Istilah laptop cepat panas adalah overheat. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop overheat, ada baiknya Anda memahami penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Laptop Cepat Panas alias Overheat

1. Meletakkan di Atas kasur

Kebiasaan rata-rata pengguna laptop adalah meletakkannya di tempt yang tidak semestinya, seperti kasur atau bantal. Hal ini mungkin bagi sebagian besar penggunanya kurang begitu diperhatikan. Padahal, kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan laptop cepat panas.

Sudah jadi barang umum, para pengguna laptop kerap menggunakan perangkat tersebut sembari bermalas-malasan di atas tempat tidur. Maka jadilah, laptop diletakkan di atas kasur atau bantal.

Sayangnya, sejumlah komponen laptop menjadi tidak dapat bekerja secara maksimal, karena kipas yang berada di bawah laptop terhalang sirkulasi udaranya. Belum lagi, adanya kotoran atau debu dari kasur atau bantal yang masuk ke laptop.

Hal ini harus Anda hindari mulai dari sekarang, ya!

2. Kipas Terhalang Kotoran

Kipas adalah bagian atau komponen terpenting pada laptop, karena fungsinya untuk mendinginkan bagian-bagian isi dalam perangkat tersebut. Kipas akan membuang hawa panas dan mendatangkan udara baru yang lebih dingin.

Penyebab kipas tidak bekerja maksimal karena menumpuknya kotoran di areal kipas, sehingga ruang sirkulasi udara semakin sempit. Akibatnya, laptop pun menjadi cepat panas.

 

3. Thermal Paste Mengering

Thermal paste merupakan gel yang ditempatkan di bagian atas processor. Gel ini berfungsi untuk mengurangi suhu panas yang dihasilkan oleh processor yang terus bekerja selama laptop dihidupkan.

Namun, laptop yang sudah uzur alias lama, Themal Paste ini terkadang sudah mengering, akibatnya kemampuan untuk meredam panas dari prosesor menjadi semakin berkurang. Sehingga menjadi salah satu penyebab laptop cepat panas.

Setelah mengetahui penyebab laptop cepat panas di atas, sekarang adalah beberapa cara mengatasinya. Tentu saja hal ini dilakukan agar kinerja laptop bisa lebih maksimal dan mendukung pekerjaan Anda, selain menambah umur dari perangkat yang dimiliki tentunya.

Berikut ini cara mengatasi laptop cepat panas, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

1. Rutin Membersihkan Kipas

Cara pertama mengatasi laptop cepat panas adalah rutin membersihkan kipas. Penumpukan kotoran atau debu pada kipas akan membuat laptop cepat panas.

Langkah ini bisa dilakukan sendiri, lho. Caranya sangat mudah, yakni menggunakan kain halus, cotton buds atau kuas. Lalu bersihkan bagian dalam dan luar kipas dengan hati-hati. Pastikan tidak ada kotoran yang masih menempel.

2. Ganti Thermal Paste

Thermal Paste yang berbentuk gel sangat besar fungsinya untuk meredam panas yang dihasilkan dari processor laptop. Tanda-tanda jika Thermal Paste sudah mengering adalah, laptop menjadi gampang panas, lalu tiba-tiba blank atau mati mendadak.

Jika masalah ini sudah muncul, ada baiknya Anda mengganti Thermal Paste di laptop Anda.

3. Setting Ulang Laptop

Cara mengatasi laptop depat panas selanjutnya adalah dengan melakukan pengaturan atau setting ulang perangkat. Atur pencahayaan monitor menjadi sedikit redup, kalau biasanya Anda menyetel pencahayaan sampai 100%, mulai sekarang kurangi menjadi 50% atau 70% saja.

Selain itu, Cooling Pad juga menjadi alat yang sangat membantu untuk mengurangi suhu panas pada laptop. Dengan Cooling Pad dan berbagai cara lain untuk mengatasi laptop yang cepat panas, maka Anda bisa lebih nyaman menggunakan perangkat ini.

Itulah tadi cara mengatasi laptop cepat panas alias overheat, semoga bermanfaat!

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut