get app
inews
Aa Read Next : Jual Minol Tanpa Izin, Kafe Resto di Belitung Timur Dirazia : 16 Pekerja Belum Lengkapi Adminduk

IPB University Riset UKICIS Pariwisata Berbasis Biologi Pulau Belitung, Tim WP 2 Fokus Madu Teran

Selasa, 24 Januari 2023 | 16:14 WIB
header img
Proses pengambilan sampel di sekitar peternakan lebah madu teran, dalam projek UKICIS- IPB, oleh tim WP2. Selasa, (24/1/2023). Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Suharli.

Khusus di Beltim WP2 bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM serta Dinas Pariwisata di Penkab Beltim dan beberapa peternak lebah teran di Beltim.

Mahasiswa Pembantu Peneliti WP2, Nadira Madani Hamzah mengatakan mereka ingin turut mengembangkan pariwisata di Beltim berbasis perlebahan dengan proses dari hulu hingga ke hilir.

"Kami mengumpulkan madu dan melakukan analisis vegetasi untuk mengetahui tanaman-tanaman yang ada disekitar koloni-kolini lebah ini sebagai sumber nektar dan polen," ujar Nadira, Selasa (24/1/2023).

Nadira juga menyampikan sebelunya juga sudah dikumpulkan getah tumbuhan seperti dari pohon betor, pohon sukun yang lebah suka kumpulkan untuk menjadi bahan propolis sarangnya.

Mereka berharap nanti wisatawan yang datang ke Beltim selain menikmati madu langsung dari sarang lebah teran juga bertambah dekat dengan lebah dan lingkungan dari hasil riset yang telah mereka lakukan.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut