get app
inews
Aa Read Next : Bagaimana Nomor Atom Unsur-unsur dalam Satu Golongan? Temukan Jawabannya di Sini

Tata Nama Senyawa, Pelajar SMA Wajib Tahu Soal Ini

Selasa, 17 Januari 2023 | 17:21 WIB
header img
Penjelasan tentang tata nama senyawa dapat kamu pelajari di dalam artikel ini. Foto: net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Tata nama senyawa kimia dapat kamu pelajari pada pembahasan artikel berikut ini. Mengenal senyawa adalah pelajaran wajib bagi pelajaran Kimia di Sekolah Menengah Atas alias SMA. Karena itu, kamu para pelajar harus tahu tata nama senyawa kimi apa saja.

Tana nama senyawa adalah serangkaian aturan persenyawaan kimia yang disusun secara sistematis. Tata nama kimia tidak boleh sembarangan dibuat, namun disusun berdasarkan aturan IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry).

Setidaknya ada 3 senyawa yang akan kita bahas kali ini, yakni Senyawa Ionik, Senyawa Molekuler, dan Senyawa Ion Poliatomik. Berikut ulasan singkat ketiganya, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Tana Nama Senyawa

1. Senyawa Ionik

Senyawa ionik terbentuk dari kation (ion positif) dan anion (ion negatif). Kebanyakan senyawa ini adalah senyawa biner, yaitu senyawa yang terbentuk hanya dari dua unsur. 

Untuk senyawa ionik biner, penamaan dimulai dari kation logam kemudian diikuti anion nonlogam dan diberi akhiran -ida. 


Daftar Anion Monoatomik Umum. Foto: net.
 

Untuk kation yang memiliki lebih dari satu jenis muatan (bilangan oksidasi), diberikan keterangan angka romawi di tengahnya sesuai besarnya muatan.


Daftar Kation Monoatomik Umum. Foto: Net.
 

Contoh-Contoh:

Bagaimana kita menamakan BaCl2?. 
Jawabannya, adalah BaCl2 tersusun atas Ba2+ (ion barium) sebagai kation dan Cl– (ion klorida) sebagai anion, sehingga BaCl2 dinamakan barium klorida. (Ini merupakan suatu contoh senyawa antara logam dan nonlogam.)

Bagaimana menamakan Mg3(PO4)2?
Jawaban : Mg3(PO4)2 tersusun atas Mg2+ (ion magnesium) sebagai kation dan PO43- (ion fosfat) sebagai anion, sehingga Mg3(PO4)2 dinamakan magnesium fosfat. (Ini merupakan contoh senyawa ion yang terbentuk dari suatu kation dengan suatu anion poliatom.)

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut