get app
inews
Aa Read Next : Apa Itu Senyawa Amina? Temukan Jawabannya di Sini Lengkap dengan Contohnya di Kehidupan Sehari-hari

Senyawa Molekuler : Pengertian, Sifat dan Contoh-Contohnya

Kamis, 12 Januari 2023 | 17:55 WIB
header img
Penjelasan tentang Senyawa Molekuler dapat kamu dapatkan di dalam artikel ini. Lengkap dengan sifat dan contohnya. Foto: net.

Contoh Senyawa Molekuler

Berikut ini adalah contoh-contoh dari senyawa molekuler:

Air (H2O)
Dalam dunia kimia, air dikenal sebagai H2O atau terdiri dari satu atom oksigen dan dua atom hidrogen. Atom hidrogen dan oksigen sebenarnya bisa meledak jika disatukan oleh eksperimen manusia, namun inilah salah satu anugerah Tuhan yang telah menyediakan air secara langsung. 

Amonia (NH3)
Mengutip buku New Edition Big Book Kimia SMA Kelas X,XI, & XII oleh Omang Komarudin (2017), amonia merupakan campuran gas hidrogen dan gas nitrogen. Reaksi antara gas hidrogen dan nitrogen hanya bisa berlangsung pada suhu tinggi. Manfaat dari gas amonia adalah untuk sebagai bahan dasar pembuatan pupuk, senyawa nitrogen, dan garam-garam nitrat.

Hidrogen klorida (HCl)
Hidrogen klorida merupakan campuran antara atom hidrogen dan klorin. Pembuatan hidrogen klorida dilakukan melalui metode yang berbeda-beda tergantung tujuan pemakaiannya. Oleh karena itu, hidrogen klorida memiliki banyak manfaat antara lain adalah sebagai bahan dalam produksi baja, pembersih rumah tangga, sanitasi kolam renang, dan memproduksi kalsium klorida.

Asam Sulfat (H2SO4)
Asam sulfat merupakan hasil reaksi antara gas sulfur dan gas oksigen. Reaksi dilakukan dengan cara mengoksidasi gas SO2 dengan gas O2 dari udara dengan bantuan katalisator V2O5. Manfaat dari asam sulfat adalah sebagai bahan penting dalam industri cat, tekstil, plastik, bahan peledak, akumulator, dan lainnya.

Natrium hidroksida (NaOH)
Natrium hidroksida atau sering disebut soda api merupakan senyawa molekuler yang banyak dimanfaatkan dalam industri. NaOH bermanfaat dalam pembuatan kertas, pembuatan garam, pembuatan deterjen, regulasi pH atau sintesis organik, dan lainnya.

Itulah tadi penjelasan tentang Senyawa Molekuler beserta sifat dan contoh-contohnya. Semoga bermanfaat!

 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut