get app
inews
Aa Read Next : Bangka Belitung Terancam Krisis Iklim, Koral Babel Gelar Long March

Pemanfaatan Limbah Organik untuk Keberlangsungan Sistem Pertanian Berkelanjutan

Jum'at, 16 Desember 2022 | 21:14 WIB
header img
Pemanfaatan Limbah Organik untuk Keberlangsungan Sistem Pertanian Berkelanjutan Guna Memperbaiki Kondisi Lingkungan di Indonesia. Foto: Dok. Pribadi.

Kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi kegunaannya. Hal tersebut diperlukan sebuah langkah yang konservatif guna meminimalisir pencemaran lingkungan tersebut. 

Pencemaran pupuk kimia yang berjalan lama, dilakukan secara intensif, cenderung dalam jumlah yang berlebihan, mengakibatkan bahan–bahan kimia yang terdapat pada pupuk kimia terbesar dan menimbulkan negatif terhadap lingkungan. Dampak yang timbul akibat pupuk anorganik ialah adanya pencemaran tanah dan air, menurunkan tingkat kesuburan tanah dan ketergantungan petani secara ekonomi dan sosial.

Kandungan dari bahan agrokimia atau pupuk anorganik yang digunakan sebagai bahan dasar pupuk yang dapat digunakan sebagai indikator banyaknya pupuk kimia dan rentang waktu proses akumulasi terjadinya pencemaran pupuk di lingkungan.

Pemanfaatan limbah organik untuk keberlangsungan sistem pertanian berkelanjutan ini bertujuan untuk mengurangi banyaknya volume sampah agar lebih ramah lingkungan yang ada di Indonesia serta dapat sebagai penyuplai nutrient bagi tanaman dan memperbaiki sifak fisik tanah baik secara fisika, kimia dan biologi.

Pemberian pupuk kompos dari limbah organik ini juga dapat dijadikan salah satu alternatif pemecahan atau solusi untuk membatasi kemungkinan dampak negatif yang ditimbulkan akibat pemberian pupuk anorganik, dan dapat digunakan sebagai salah satu program bebas residu bebas residu kimia untuk meningkatkan produktivitas tanaman dan tanah.


 

Artikel ini ditulis oleh: Vania Putri (Mahasiswa Magister Ilmu Pertanian UBB)

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut