Siapa Pemilik Bali United, Klub Elite Sepak Bola Indonesia Bertabur Bintang

Tati Rukmanah/ Net iNews.id
.
Sabtu, 03 Desember 2022 | 17:30 WIB
Bali United saat menang 4-1 atas Than Quang Ninh. (Foto: Laman resmi Bali United)

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Siapa pemilik Bali United, klub sepak bola elite Indonesia bertabur bintang, banyak dicari publik. Hal ini karena klub sepakbola Liga 1 Indonesia itu, mampu mendatangkan pemain berkelas, tentu saja dengan bayaran fantastis. Nama-nama seperti Kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata, atau Ilija Spasojević striker Timnas, serta Irfan Jaya, adalah sejumlah bintang Bali United FC.

Sebelum menjadi Bali United FC, klub yang saat ini dilatih oleh Stefano Cugura Teco tersebut, bernama Persisam Putra Samarinda, yang merupakan eks tim Perserikatan dan Putra Samarinda dari Galatama, yang bermarkas di Kalimantan Timur (Kaltim).

Setelah berganti nama, homebase Bali United pindah ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Indonesia. Klub ini diketahui sebagai klub sepakbola elite Tanah Air, lantaran berani membayar gaji pemain dan official diatas rata-rata klub lainya di Indonesia.

Lantas, siapa pemilik Bali United? Simak ulasannya berikut ini yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Pemilik Bali United


Pieter Tanuri, Pemilik Bali United. Foto: Istimewa.
 

Tepat pada 15 Februari 2015, Pieter Tanuri melakukan catatan bersejarah. Dia mengambil alih klub sepak bila Putra Samarinda, yang kala itu sedang mengalami kesulitan finansial. Klub ini akhirnya berpindah markas ke Bali dan mengubah namanya menjadi Bali United FC. 

Pada tanggal 17 Juni 2019, Bali United menjadi klub pertama yang memiliki saham go public di Asia Tenggara dan kedua di Asia. Pada pembukaan perdagangan perdananya, harga saham perusahaan langsung melambung menjadi 69,14 persen ke level Rp296 per saham, dari nilai saham perdana Rp175 per lembar.

Klub ini melepas 33,33 persen kepemilikannya dengan total 2 miliar unit saham. Dengan demikian, dana yang diraup oleh klub ini mencapai Rp350 miliar.

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini