get app
inews
Aa Read Next : Sukirman Koordinasi dengan ASDP Soal Pencegahan Peredaran Narkoba di Pelabuhan Tanjung Kalian

Human Error Diduga jadi Penyebab Tenggelamnya Kapal MV Serasi I di Selat Bangka

Kamis, 01 Desember 2022 | 17:58 WIB
header img
Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muntok, I Made Suartama (tengah) saat menjelaskan kronologi insiden tabrakan kapal MV Serasi I. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rizki Ramadhani.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Sebuah kapal yang diketahui memiliki nama lambung MV Serasi I tenggelam di Perairan Selat Bangka, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di koordinat 2°42,370’S 105°51,263’E, pada Kamis (1/12/2022) dinihari. 

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muntok, I Made Suartama mengungkap, tenggelamnya kapal usai ditabrak kapal peti kemas Batanghari Emas. 

Untuk penyebab sementara kecelakaan laut tersebut, I Made Suartama mengatakan diduga lantaran human error, dan masih dilakukan proses investigasi lebih lanjut. 

"Yang menabrak adalah kapal Batanghari Emas, jadi sempat sudah komunikasi memang setelah kejadian, karena mereka tujuan ke Pelabuhan Tanjung Priok. Kalau penyebab pasti kita belum, kita lakukan investigasi, sementara ini human error," kata I Made Suartama. 

Made menambahkan, kapal MV Serasi I ini mengangkut ratusan kendaraan dari Patiban, Jawa Barat menuju ke Belawan, Sumatera Utara. 

"Total ada 497 kendaraan terdiri dari golongan II itu ada 1 unit, kendaraan golongan IV ada 445 unit, kendaraan golongan III itu ada 45 unit, kendaraan golongan V ada 4 unit dan alat berat ada dua unit. Untuk nilainya (kerugian) belum bisa ditaksir," ujarnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut