get app
inews
Aa Read Next : Erzaldi Ingatkan Jangan Dzalim

Kembangkan Budidaya Ikan Gabus, Gubernur: Tunggu Kita Eksekusi Lahan Bekas Tambang

Sabtu, 20 November 2021 | 15:12 WIB
header img
Kembangkan Budidaya Ikan Gabus, Gubernur: Tunggu Kita Eksekusi Lahan Bekas Tambang. (Foto: Humas Pemprov Babel)

 
Tim Konsultan Sudah Siap
 
Pihak konsultan yang ditunjuk menegaskan mereka telah siap membantu mewujudkan keinginan Gubernur Erzaldi Rosman. Dan itu mereka buktikan dengan telah beberapa kali datang ke Bangka Belitung.
 
"Kita akan menyampaikan juga ke masyarakat bahwa kegiatan yang dimaksudkan ini, untuk memperbaiki kerusakan masa lalu terhadap komunitas alam dan manusia, dan diharpakan bermanfaat secara ekonomi. Kami akan beberapa kali pulang-pergi mengunjungi Bangka Belitung dengan tim sesuai kebutuhan. Intinya kami sudah siap," kata Komisaris PT Alam Siak Lestari (ASL) Dicky Asmoro, yang didampingi Direktur R&D PT Agrapana Damayanti Indobiotek (Agrapanabio), Nico Wanandy, sebagai tim konsultan.
 
Jika rencana ini sudah mulai berjalan, maka akan ada tim tersendiri yang datang untuk memberikan bimbingan. Dan untuk tiga bulan ke depan, kata Nico dan Dicky, masih dalam proses maping daerah-daerah berpotensi. 
 
"Selain itu, yang penting mencari masyarakat seperti komunitas, anak muda untuk bisa diajak bersama membangun," katanya. 
 
Karena nanti proses budidaya dan merawat kolam-kolam itu bisa digerakkan melalui BUMDes-BUMDes. Mereka bisa menjadi penyedia ikan melalui PT atau koperasi bersama yang dimiliki BUMDes. Akan banyak turunan usaha dari budidaya ikan gabus tersebut, mulai pengelolaan hasil ikan dari peternak-peternak, lalu proses laboratorium hingga produksi albumin dengan standar yang sesuai BPOM.
 
"Sehingga dengan adanya usaha bersama ini, menjadi wadah sustainable . Ini harus bergotong royong dari pemerintah dengan masyarakat, karena dari hulu ke hilir ini menjanjikan. Di Indonesia yang menerapkan ini dari hulu ke hilir belum ada. Jika hanya budidaya saja, atau produsen albumin saja cukup banyak di Pulau Jawa. Siak dan Sintang sudah bersiap untuk berjalan," katanya, sambil menjelaskan teknis bahwa ikan gabus harus tumbuh dalam ekosistem yang seimbang, bersih dan baik seperti tanah dan kebersihan air harus terjaga.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut