get app
inews
Aa Read Next : Hari Jadi Kota Toboali Resmi Ditetapkan, Jadi Kota Tertua di Bangka Belitung

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Sekolah di Babel Akan Terapkan Tes PISA

Kamis, 25 November 2021 | 19:10 WIB
header img
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman melakukan audiensi dengan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI Anindito Aditomo terkait Programme for Internasional Student Assessment (PISA) berlangsung di Ruang VIP Bandara Depati Amir, Rabu (24/11/2021). (Foto: Humas Pemprov Babel)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman beraudiensi dengan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI Anindito Aditomo terkait Programme for Internasional Student Assessment (PISA). 

Kehadiran Anindito Aditomo untuk mematangkan program PISA bagi siswa di Babel, sehingga pihaknya akan melakukan test kepada siswa di sekolah secara acak sebagaimana dimaksud. 

Gubernur mengatakan bahwa keikutsertaan Babel dalam program PISA yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, bertujuan untuk menguji performa akademis siswa sekolah yang berusia 15 tahun. 

Dalam hal ini, program PISA penyelenggaraannya diselenggarakan oleh organisasi untuk kerjasama dan pengembangan ekonomi. Adapun program tersebut diinisiasi oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).  

OECD adalah suatu studi untuk mengevaluasi sistem pendidikan, dan OECD di ikuti oleh lebih dari 70 negara di seluruh dunia. 

"Kita harus berbangga hati, bahwa Babel bisa ikut program ini, karena di Indonesia yang mengikuti program ini cuma ada tiga provinsi, yaitu DKI, Yogyakarta, dan Babel," ujar Gubernur, di Ruang VIP Bandara Depati Amir, Rabu (24/11/2021).

Erzaldi menjelaskan dengan program ini, pihaknya dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan mutu pendidikan di Babel, sehingga hasil test ini menjadi tolak ukur bagi pemerintah daerah untuk mengambil kebijakan kedepannya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut