Logo Network
Network

Pelayanan Keperawatan di Area Pesisir, Poltekkes Pangkalpinang Gelar Seminar Nasional 3 Negara

Irwan Setiawan
.
Selasa, 22 November 2022 | 17:26 WIB
Pelayanan Keperawatan di Area Pesisir, Poltekkes Pangkalpinang Gelar Seminar Nasional 3 Negara
Seminar Internasional Tiga Negara  secara Online. Foto: Humas Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Meningkatkan kemampuan pelayanan kepearawatan di area pesisir, Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang menggelar seminar internasional, Selasa (22/11/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan secara online ini, membahas mengenai peran perawat pada area pesisir dan dilaksakan secara serentak di Prodi Keperawatan Pangkalpinang dan Belitung, serta dua negara lainnya di Filipina dan Timor Leste.

Kegiatan itu melibatkan narasumber dari tiga negara, yaitu Rudolf Cymorr Kirby P. Martinez PhD, MA, RN, CAA, LMT, CSTP, FRIN (Filipina),  Sakti Oktaria batubara (Indonesia)  dan Deonisia de Fatima (Soares Timor Leste ).

Humas International Seminar, Eny Erlinda mengatakan, Kepulauan Babel sebagai salah satu provinsi yang terdiri dari kepulauan, memiliki tantangan dalam pemberian pelayanan kesehatan, terutama pada area pesisir yang jauh dari pusat pelayanan Kesehatan. 

"Oleh karena itu, perlu strategi dalam persiapan tenaga kesehatan khususnya perawat, dengan fokus area pelayanan kepulauan. Sehingga diharapkan bahwa tenaga perawat masa depan sehingga mampu secara efektif memberikan pelayanan kesehatan secara optimal," kata Eny.

Eny menuturkan, berbagai tantangan yang dihadapi tenaga kesehatan termasuk perawat di area pesisir, seperti masalah distribusi tenaga kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, biaya yang cukup mahal, keterbatasan transportasi.

Berbagai kondisi inilah yang kemudian menjadi tantangan sekaligus memberikan corak khas pada area kepulauan. 

"Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang berupaya membekali calon lulusannya untuk data memahami dan mengintegrasikan keilmuan yang dimiliki, sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan khususnya keperawatan di area pesisir dengan segala tantangan yang dimiliki," ujarnya. 

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.