get app
inews
Aa Read Next : Rusia Bergejolak, Pasukan Bayaran Wagner Berontak Rebut Rostov dan Voronezh

Presiden Zelensky Sebut Ledakan di Polandia Bukan Disebabkan Rudal Ukraina

Kamis, 17 November 2022 | 20:14 WIB
header img
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. Foto: Kepresidenan Ukraina/ Istimewa

KIEV, Lintasbabel.iNews.id - Presiden Volodymyr Zelensky yakin ledakan yang menewaskan dua orang di Polandia bukan disebabkan oleh rudal Ukraina. Dia menyebut ledakan itu disebabkan oleh rudal Rusia

"Saya yakin itu bukan rudal kami," katanya seperti dikutip media Ukraina, Interfax, Rabu (16/11/2022). 

Dia percaya, ledakan yang terjadi pada Selasa (15/11/2022) disebabkan oleh rudal Rusia. Dia mendasarkan kesimpulannya pada laporan dari militer Ukraina yang tidak mungkin tak dia percaya. 

Zelensky mengatakan, pasca-serangan, seharusnya Ukraina sudah diberi akses ke lokasi ledakan.

"Apakah kami berhak masuk tim investigasi? Tentu saja," ujarnya.

Sebaliknya, Rusia menyebut rudal yang menghantam Polandia milik militer Ukraina. Rudal itu diketahui sebagai S-300 bagian dari sistem pertahanan Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia menjelaskan serangan pasukannya terhadap wilayah Ukraina berjarak sekitar 35 kilometer dari perbatasan Polandia, sehingga tak mungkin melewati batas negara.

Oleh karena itu Kemhan memastikan ledakan di Desa Przewodow yang menewaskan dua orang itu tak ada hubungannya dengan Rusia. 

“Foto-foto yang dirilis pada 15 November malam di Polandia, dari puing-puing yang ditemukan di Desa Przewodow, secara jelas diidentifikasi oleh ahli industri pertahanan Rusia sebagai bagian dari rudal anti-pesawat dari sistem pertahanan udara S-300 Angkatan Udara Ukraina," bunyi pernyataan, Kemhan Rusia, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (16/11/2022).

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden tak yakin Rusia tembakkan rudal ke Polandia. Biden menegaskan, berdasarkan informasi awal, rudal itu tidak ditembakkan langsung dari wilayah Rusia.

“Saya tidak ingin mengatakan itu sampai kami benar-benar menyelidikinya. Tidak mungkin muncul di benak lintasan, ditembakkan dari Rusia. Tapi kita lihat saja," ujarnya.

Hasil penyelidikan intelijen Amerika Serikat (AS) mengungkap, rudal yang menghantam perdesaan di Polandia pada Selasa kemarin tak ditembakkan dari wilayah Rusia. Bahkan ada indikasi rudal itu ditembakkan tentara Ukraina.

Kantor berita Associated Press (AP), mengutip seorang pejabat senior intelijen AS, melaporkan rudal buatan Rusia itu merupakan senjata pertahanan udara yang ditembakkan tentara Ukraina.  Disebutkan, rudal diluncurkan untuk mencegat serangan udara Rusia, namun gagal mengenai target hingga nyasar ke wilayah Polandia.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Presiden Zelensky Ngotot Ledakan di Polandia Bukan Disebabkan Rudal Ukraina "
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut