JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Kisah sukses James Prananto bisa menjadi salah satu inspirasi Anda, terutama yang baru memulai atau merintis bisnis kuliner. Siapa sebenarnya James Prananto? Namanya mungkin kurang familiar di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun ternyata kesuksesan seorang James Prananto sudah sampai ke Asia Tenggara, lho.
Anda tau Kopi Kenangan? yang iklannya dibintangi oleh bintang film Ada Apa Dengan Cinta, Nicholas Saputra. Nah, Kopi kenangan itu adalah hasil karya dari James Prananto. Sudah mulai terbuka ya informasi Anda sekarang.
Nicholas Saputra, bintang iklan Kopi Kenangan. Foto: net.
Kopi Kenangan adalah sebuah perusahaan Food and Beverage yang menjadi unicorn pertama di bidang makanan dan minuman di Asia Tenggara. Kopi Kenangan telah menjadi sebuah merek yang digandrungi oleh para penikmat kopi di Indonesia.
Hebatnya, lebih dari 600 gerai Kopi Kenangan tersebar di seantero Indonesia. Lalu, bagaimana perjalanan seorang James Prananto yang sukses dengan Kopi Kenangan nya? Menarik untuk kita ulas bersama, check this out!
Kisah di Balik Berdirinya Kopi Kenangan
James Prananto bukan satu-satunya pendiri Kopi Kenangan, ada nama Edward Tirtanata yang ikut andil dalam bisnis 'perkopian' tersebut. Edward adalah teman sekaligus partner bisnis James Prananto. Keduanya berjumpa dan berkenalan saat menempuh studi di University of South California (USC), Amerika Serikat.
Founder Kopi Kenangan, dari kiri Cynthia Chaerunnisa (CoFounder & CMO), Edward Tirtanata (CoFounder & CEO) dan James Prananto (CoFounder & COO). Foto: dok. Kopi Kenangan/
Sebelum Kopi Kenangan berdiri, keduanya sempat pula mendirikan sebuah kedai teh premium di Jakarta dengan nama Lewis & Carroll (L&C). Sayangnya, bisnis itu tidak berumur panjang, karena teh per cangkirnya dibanderol Rp40-Rp60 ribu yang dinilai terlalu mahal bagi sebagian orang Indonesia.
Dari pengalaman berjualan teh 'mahal' tersebut, Edward lalu mengamati tren bahwa rata-rata orang Indonesia suka ngopi. Dari situlah, ide untuk mendirikan Kopi Kenangan lahir. Edward pun mengajak James untuk membuat sebuah kedai kopi yang menjual kopi berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.
Kisah Sukses James Prananto
Berangkat dari kegagalan, James Prananto bangkit dan mendirikan Kopi Kenangan bersama Edward Tirtanata. Bersama temannya, James membuka kedai Kopi Kenangan pertama di tahun 2017 dan mendapat sambutan yang cukup baik.
Kedai tersebut awalnya hanya menjual sekitar 700 cangkir kopi saja. Seiring berjalannya waktu, bisnis tersebut berkembang hingga berhasil menjual hingga 3 juta cangkir kopi tiap bulannya. Mulai dari situ, bisnis kopi tersebut mendapatkan pendanaan awalnya sebesar USD8 juta atau sekitar Rp114,8 miliar dari Alpha JWC Venture.
Setelah mendapatkan suntikan dana tersebut, Kopi Kenangan semakin berkembang dan memiliki lebih dari 60 gerai. Pada Desember 2021 lalu, Kopi Kenangan mendapatkan pendanaan sebesar USD96 juta atau setara dengan Rp1,37 triliun dan menjadikannya sebagai bisnis F&B pertama di Asia Tenggara yang menyandang gelar Unicorn.
Salah satu investornya adalah Arrive perusahaan milik Jay Z. Juga Serena Ventures, perusahaan milik Serena Wiliams, CEO dan pendiri Sweetgreen Jonathan Neman, hingga pebasket terkenal Caris LeVert untuk berpartisipasi. Pendanaan Series A yang bernilai 20 juta dolar AS atau sekitar Rp279 miliar telah berjalan mulai Juni 2019 lalu.
Nah, itulah tadi kisah sukses James Prananto, dari Kopi Kenangan jadi cuan. Semoga banyak hikmah yang bisa Anda ambil dari artikel ini, ya. Semoga bermanfaat!
Artikel ini telah diterbitkan di halaman iNews.id dengan judul "Simak Kisah Sukses James Prananto, Pendiri Kopi Kenangan Sang Unicorn F&B Pertama di Asia Tenggara"
Editor : Muri Setiawan