Logo Network
Network

Jelang Sidang Fredy Sambo Cs, Komisi Yudisial Siapkan Safe House

Binti Mufarida, irfan Maulana
.
Kamis, 29 September 2022 | 20:28 WIB
Jelang Sidang Fredy Sambo Cs, Komisi Yudisial Siapkan Safe House
Komisi Yudisial (KY) mengusulkan rumah aman atau safe house untuk hakim jelang sidang kasus pembunuhan Yosua Hutabarat (Brigadir J). Foto: Istimewa.

JAKARTA, lintasbabel.id - Komisi Yudisial (KY) mengusulkan rumah aman atau safe house untuk hakim jelang sidang kasus pembunuhan Yosua Hutabarat (Brigadir J). Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan berkas perkara Ferdy Sambo dan 4 tersangka lain lengkap dan siap disidangkan.

Juru Bicara KY, Miko Ginting menjelaskan skema itu untuk melindungi hakim dari intimidasi atau iming-iming.

"Misalnya, ada wacana safe house atau temporary relocation mechanism terhadap para hakim, terutama apabila perkara ini tetap disidangkan di PN Jakarta Selatan," kata Miko dalam keterangannya, Kamis (29/9/2022).

"Ada juga usulan untuk mendorong pemindahan lokasi sidang dengan persetujuan Ketua MA," imbuhnya.

Komisi Yudisial (KY) juga akan membuka komunikasi dengan pimpinan MA. Menurutnya, MA juga pasti sedang merumuskan mitigasi risiko terhadap situasi ini. Apalagi ini bukan kali pertama MA mengelola persidangan yang bersifat high profile.

Miko memastikan KY senantiasa mendukung para hakim untuk menjaga dan menegakkan kemandiriannya. Menurutnya keamanan dan keselamatan hakim beserta pihak lainnya, akses dan partisipasi publik, serta integritas pembuktian, perlu diusahakan bersama.

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini